DPMPD Agendakan Dialog Interaktif Kiprah Desa ke Desa Pela

icon - In Berita By Admin Website    icon 6678

DPMPD Agendakan Dialog Interaktif Kiprah Desa ke Desa Pela

TENGGARONG --  Kegiatan rutin tahunan Dialog Interaktif bertajuk “Kiprah Desa” gawean Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim kembali digelar. Pelaksanaan kali kedua di tahun anggaran 2019 ini rencananya digelar, di Desa Pela, Kecamatan Kotabangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, 11 September 2019.

“Semua sudah kita persiapan. Tim survei juga sudah lebih dulu turun lapangan untuk cek lokasi dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di lokasi kegiatan,” kata Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono saat berkoordinasi di Kantor DPMD Kutai Kartanegara, Selasa (3/9).

Tim yang berkoordinasi dipimpin Sekretaris DPMPD Kaltim dengan didiampingi Kasubag Rengram beserta staf, dan Kasubag Keuangan DPMPD Kaltim. Kunjungan ke DPMD Kukar disambut Kasubag Penyusunan Program dan Keuangan didampingi Kasi Kelembagaan.

Hasil kunjungan lapangan tersebut kemudian ditindaklanjuti penetapan tanggal pelaksanaan dan mempersiapkan kelengkapan administrasinya.

Kemudian dilanjutkan koordinasi dengan DPMD Kutai Kartanegara yang dilakukan saat ini untuk minta dukungan fasilitasi pengerahan peserta kepala desa di empat kecamatan di Kutai Kartanegara yang menjadi lokus kegiatan.

Termasuk diharapkan dukungan fasilitas permohonan kehadiran Bupati Kukar untuk hadir memberikan arahan.

“Makanya kita langsung kesini. Datang menjelaskan terkait acara tersebut dan minta fasilitasi menyurati camat dan kepala desa yang menjadi lokus kegiatan. Juga menyampaikan surat ke Bupati perihal permohonan menghadiri acara kita,” ujarnya.

Sedangkan pelaksanaan Kiprah Desa sendiri merupakan program rutin DPMPD Kaltim setiap tahunnya dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang bersumber dari Dana Desa.

Juga menjadi media tukar menukar informasi dan konsultasi terkait pelaksanaanprogram pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Terlebih kegiatan menghadirkan narasumber tim satuan tugas pengawasan dana desa yang diharap dapat memberikan informasi benar terkait penggunaan dana desa.(DPMPD Kaltim/arf)