Resmi Dibuka, Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas

icon - In Berita By Admin Website    icon 10128

Resmi Dibuka, Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas

SAMARINDA -- Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas akhirnya dibuka seiring diluncurkan program inovatif ini oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Senin (16/9). 

Peluncurannya ditandai penekanan tombol enter pada layar dengan disaksikan Erwakilan BPK Kaltim, OPD terkait lingkup Kaltim, perwakilan Disdikbud Kabupaten/Kota se Kaltim, serta awak media yang beroperasi di wilayah Kaltim.

Dikatakan Gubernur Isran ini kesempatan menjulang manusia unggul menjelang Indonesia maju. "Niatnya bagaimana putra bangsa berasal dari Kaltim menjadi SDM unggul. Punya kapasitas dan berdaya saing," katanya.

Misalnya, dia memimpikan ada mahasiswa ahli bidang nuklir dari Kaltim yang mampu membangun reaktor nuklir untuk kepentingan damai atau kepentingan kemanusiaan. Tidak terkecuali sektor lain yang dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia maju.

Dia menyebut BKT bukan gagasan pemikiran baru. Sebelumnya sudah dilaksanakan dalam bentuk lain. Bedanya dulu dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekarang Kementerian Keuangan.

Khusus penyaluran 2019 difokuskan memberikan Beasiswa tuntas. Ini agar lebih mudah terukur biaya dengan waktu perkuliahannya.

Pada kesempatan itu, dia meminta maksimalkan administrasi pembayaraannya dengan baik. Diantaranya proses administrasinya cukup sekali, tapi biayanya bisa diperoleh hingga selesai kuliah.

Termasuk diminta menyesuikan kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diterapkan setiap Perguruan Tinggi. Ini akan menyebabkan besaranya bervariasi, tidak sama antar mahasiswa.

Sementara Ketua Badan Pengelola BKT, Iman Hidayat proses pendaftaran dilakukan secara online untuk memaksimalkan proses pendaftaran dan mewujudkan pelaksanaan pemberian beasiswa secara transparan. Termasuk memungkinkan terjadinya pemerataan penerima beasiswa.

Untuk tahap awal, tahun ini Pemprov Kaltim menyediakan ruang bagi  11.106 calon penerima beasiswa untuk semua tingkat pendidikan, mulai SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. 

Pelaksanaan dipilah menjadi dua bagian, yakni Kaltim Tuntas dan Stimulan. Kaltim Tuntas terdiri dari penerima umum, khusus dan kerja sama.  

Mengakomodir program beasiswa sebelumnya yang sudah terikat kerjasasama hingga tuntas melalui program Kaltim Tuntas. Diantaranya S2 Vitoria University, ISBI, dan Perkeretaapian.

Sedangkan untuk Stimulan hanya dibagi menjadi penerima umum dan khusus. Para calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas dari kategori umum harus memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Sedangkan untuk penerima beasiswa Stimulan dari kategori umum harus melengkapinya dengan tugas akhir, tesis, skripsi dan desertasi.

Sementara untuk kategori khusus, baik untuk beasiswa Kaltim Tuntas maupun Stimulan syarat awal yang harus dipenuhi antara lain harus berasal dari keluarga miskin, disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari daerah pedalaman dan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3 T), anak dan atau cucu veteran, anak korban KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), penghafal kitab suci/Alquran (hafiz), mahasiswa luar negeri dan berdasarkan pertimbangan khusus. 

Pemprov Kaltim mengambil langkah berani dengan inisiatif untuk memberikan beasiswa hingga tuntas, yakni empat tahun untuk S1, dua tahun untuk S2 dan empat tahun untuk S3. 

Syarat umumnya, calon penerima beasiswa harus merupakan penduduk Kaltim atau berKTP Kaltim.  Dan syarat Beasiswa Kaltim Tuntas minimal IPK tiga. Untuk Stimulan boleh kurang dari IPK tiga.

Beasiswa akan diberikan kepada 6.452 siswa kurang mampu (SD, SMP dan SMA), 2.954 mahasiswa kurang mampu dan 1.700 penerima beasiswa Kaltim Tuntas (S1, S2 dan S3). 

Bagi pelajar dan mahasiswa yang berminat dapat mengakses berbagai informasi terkait BKT  ini di laman website Beasiswa Kalimantan Timur, yaitu di www.kaltimtuntas.id. Bersama rilis ini juga dilampirkan alur prosedur pendaftaran  dan tata cara pendaftaran akun BKT.(DPMPD Kaltim/arf)