Berau Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitan Manajemen Pemerintahan Kampung
15 Maret 2018 Admin Website Berita 7035
Berau Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitan Manajemen Pemerintahan Kampung

TANJUNG REDEB– Pemkab Berau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas manajemen pemerintahan kampung. Pelatihan dilaksanakan, di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Kamis (15/3).

Pesertanya sekitar 100 orang kepala kampung serta camat se Kabupaten Berau dengan menghadirkan narasumber Kajari, Kapolres, Kepala DPMPD Kaltim, Irwilkab, dan Kepala DPMK Berau.

Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi menyebut pelatihan diharap benar-benar dapat meningkatkan kapasitas camat dalam hal pembinaan dan kepala kampung dalam hal penyelenggaraan pemerintahan kampung.

“Sebagai pimpinan saya fikir seorang kepala kampung sudah sepatutnya memiliki kapasitas dalam hal manajemen pemerintahan kampung,” ujar Jauhar.

Melalui pelatihan diharap semakin meningkat lagi kapasitasnya karena pemahamannya semakin baik. Dengan demikian penyelenggaraan pemerintahan kampung juga akan semakin baik karena dilaksanakan mengacu dengan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku.

Menurut Jauhar, pembangunan desa merupakan suatu upaya dalam pembangunan nasional dengan melibatkan semua bidang yang ada dalam masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Sehingga desa menjadi sorotan utama dalam pembangunan.

Peranan penting yang dimiliki desa dalam pembangunan di negara ini dilihat dari kontribusi dalam dalam segala aspek. Peran yang diemban oleh desa dalam rangka pembangunan telah diatur dalam UU No 6/2014 yang kemudian diatur lebih rinci dalam PP No 43/2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Dalam pelaksanaannya Menteri Dalam Negeri telah menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 114/2014 yang mengatur secara lebih terperinci perihal pedoman pembangunan desa. Inilah  sebabnya Pemerintah menyadari akan pentingnya pembangunan di tingkat desa.

“Banyak sekali aturan yang terbit dalam hal penyelenggaraan pemerintahan desa. Belum menguasai satu peraturan sudah terbit lagi peraturan lain, sehingga untuk menghafal judulnya saja sulit. Makanya kepala kampung harus menguasai. Harus terus ditingkatkan kapasitasnya. Pelatihan seperti ini salah satu solusinya sebagai upaya penyegaran,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)

Teks Foto: Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi (batik merah) bersama Bupati, Kajari, Kanit Tipikor Polres dan anggota DPRD Berau saat menghadiri pelatihan peningkatan kapasitas manajemen pemerintahan kampung, di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Kamis (15/3).

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023