DPMPD Tetapkan Kubar Lokasi Kiprah Desa 2019
29 Maret 2019 Admin Website Berita 7611
DPMPD Tetapkan Kubar Lokasi Kiprah Desa 2019

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim kembali mengagendakan kegiatan bertajuk Dialog Interaktif “Kiprah Desa 2019”.

Kegiatan turun lapangan dalam rangka evaluasi program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa di wilayah Kaltim tersebut ditetapkan dilaksanakan di Kabupaten Kutai Barat.

“Tahun ini kita agendakan dua kali turun lapangan melaksanakan Kiprah Desa. Untuk pelaksanan pertama kita sudah tetapkan Kubar menjadi lokus pelaksanaan,” ungkap Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi, Jumat (29/3).

Ditetapkan Kubar sebagai lokus bukan tanpa alasan. Sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni karena daerah tersebut menjadi perhatian pemerintah ditetapkan sebagai lokus program penanganan stunting atau kerdil akibat kurang asupan gizi.

Kubar pada 2019 ditetapkan sebagai lokus pelaksanaan program penanganan stunting. Karenanya DPMPD Kaltim ingin ikut mendukung pelaksanaan program tersebut melalui program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

Selain itu, melalui Kiprah Desa diharap dapat menyerap aspirasi secara langsung terkait masalah pembangunan desa di wilayah Kubar. Harapannya dapat diselesaikan bersama untuk mendorong penyelenggaran pemerintahan desa lebih baik lagi.

Terlebih Pemprov Kaltim telah menetapkan akan mengurangi jumlah desa dengan status tertinggal di Kaltim. Dalam RPJMD Kaltim 2018-2023 sudah ditetapkan target mengurangi 150 desa tertinggal dari 518 desa tertinggal dan sangat tertinggal dari 841 desa se Kaltim.

“Pada forum ini nanti kita akan sama-sama berkomitmen meningkatkan pembangunan desa masing-masing untuk mewujudkan target tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Kiprah Desa juga merupakan tindak lanjut pembentukan Satgas Pengawalan Dana Desa dan Pembinaan Implementasi UU Desa di Provinsi Kaltim.

Karenanya pelaksanaan mendatang akan menghadirikan anggota Satgas diantaranya, Wakil Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Kajati Kaltim, Kepala Perwakilan BPKP Kaltim, maupun Inspektur Provinsi Kaltim.

“Sedang kita siapkan. Saat ini juga staf bagian perencanaan program DPMPD kaltim sudah turun lapangan untuk persiapan,” ujarnya.

Bila tidak ada aral, kata dia, Kiprah Desa akan dilaksanakan pada Minggu ke II April 2019 dengan peserta sekitar 150 orang terdiri dari DPMK Kubar, Camat, Kepala Desa, LPM, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, PKK, dan APDESI.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023