Hadiri FGD, Jauhar Sempatkan Serahkan Hadiah Gelar TTG Kaltim 2019
Hadiri FGD, Jauhar Sempatkan Serahkan  Hadiah Gelar TTG Kaltim 2019


KUKAR -- Hadiah uang pembinaan dari Gubernur Kaltim bagi pegiat Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pos Pelayanan Tekonologi (Posyantek) pemenang Gelar TTG Kaltim 2019 telah disalurkan. 

Diawali penyerahan hadiah bagi mereka yang lokasinya dekat bertepatan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Strategi Pengembangan Potensi SDM di Desa, di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kamis (11/7). 

 Hadiah diserahkan Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi mewakili Gubernur Kaltim, Isran Noor menghadiri FGD.

 "Hari kita serahkan yang daerahnya dekat-dekat saja. Selebihnya akan kita atur waktunya diagendakan menyesuaikan agenda kegiatan lain yang lokasinya berdekatan daerah pemenang," ujar Moh Jauhar Efendi.

Adapun pemenang yang diserahkan hadiahnya hari ini, yakni A Latif dari Kabupaten Kukar juara 2 Posyantek dengan nama Posyantek Kumala Kecamatan Tenggarong Seberang dengan inovasi alat multifungsi serbaguna diganjar uang pembinaan Rp7,5 juta.

Selanjutnya A Riyoto dari Kabupaten Kutai Timur juara 3 posyantek dengan nama Posyantek Riyoto dengan uang pembinaan sebesar Rp5 juta, serta Toto dari Kota Samarinda juara 3 TTG dengan alat karbonisasi sampah dengan uang pembinaan Rp5 juta.

Dikatakan Jauhar, uang pembinaan merupakan hadiah langsung dari gubernur yang dijanjikan saat Gelar TTG Kaltim 2019 beberapa waktu lalu akan diberikan kepada pemenang setelah kegiatan.

Gubernur menyiapkan uang pembinaan dengan total Rp45 juta untuk juara gelar TTG, yakni juara 1-3 TTG unggulan dan juara 1-3 posyantek. Besarannya mulai dari Rp10 juta juara pertama, Rp7,5 juta juara kedua, dan Rp5 juta juara ketiga.

 Hadiah uang pembinaan diberikan sebagai bentuk apresiasi gubernur atas kreativitas dan inovasi yang dilakukan pegiat TTG dan posyantek dalam menciptakan teknologi terapan yang dapat digunakan untuk membantu pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di desa.

Untuk diketahui, pameran teknologi terapan masyarakat pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke enam tingkat Provinsi Kaltim dijuarai perwakilan Kabupaten Paser. 

Penggiat TTG Paser, Agus Salim dan Pos Pelayananan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Taka Berkerai, Kecamatan Long Ikis, Paser, Jaelani masing-masing menjadi terbaik pertama penilaian kategori TTG Unggulan dan Kategori Posyantek tingkat Provinsi Kaltim tahun 2019.

Selanjutnya, juara kedua dan ketiga kategori TTG Unggulan diraih Penggiat TTG Balikpapan, Agus dan Penggiat TTG Samarinda, Toto. Selanjutnya juara kedua dan ketiga kategori Posyantek diraih Posyantek Kumala, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, Latif dan Posyantek Riyoto, Kutai Timur, Ahmad Suyoto.

Penetapan pemenang dilakukan melalui rapat tim juri dan ditetapkan dalam berita acara penetapan pemenang Gelar TTG dan Posyantek tingkat Provinsi Kaltim 2019, tertanggal 27 Juni 2019.

Penghargaan pemenang Gelar TTG dan Posyantek diserahkan pada acara pucak Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 47, Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), dan Gelar TTG Tingkat Provinsi Kaltim 2019 oleh Bupati Kutim, Ismunandar, di Graha Expo Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (27/6). 

Sementara hadiah uang pembinaan yang dijanjikan gubernur diserahkan setelahnya menyesuaikan agenda DPMPD Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019