Isran : Perlu Difikirkan Bersama Agar DD Banyak Dimanfaatkan dan Diinvestasikan Bagi Kesejahteraan Ketahanan Keluarga
27 Juni 2019 Admin Website Berita 6905
Isran : Perlu Difikirkan Bersama Agar DD Banyak Dimanfaatkan dan Diinvestasikan Bagi Kesejahteraan Ketahanan Keluarga

SANGATTA -- Gubernur Kaltim, Isran Noor menutup secara resmi pelaksanaan tiga even Kaltim, yakni Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK), Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2019 yang dipusatkan, di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, 25-27 Juni 2019.

Tidak banyak yang disampaikan Gubernur Isran dalam arahannya. Dia hanya mengingatkan bahwa persoalan peningakan kesejahteran dan ketahanan keluarga merupakan tanggung jawab semua komponen masyarakat.

Tidak hanya menjadi tanggung jawab PKK sebagai mitra pemerintah dalam hal kesejahteraan dan keatahanan keluarga. Diantaranya Isran Noor menyarankan agar Dana Desa (DD) juga diarahkan mewujudkan itu.

"Perlu difikirkan bersama agar DD banyak dimanfaatkan dan diinvestasikan bagi kesejahteraan ketahanan keluarga," serunya pada Acara Puncak HKG PKK, BBGRM, dan Gelar TTG Tingkat Kaltim, di Graha Expo Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (27/6).

Penggunaan  DD yang cukup besar masuk ke setiap desa disarankan tidak hanya fokus pada kegiatan fisik, melainkan juga diarahkan untuk non fisik seperti pembangunan manusia melalui program pendidikan dan kesehatan, termasuk untuk urusan agama.

Hanya saja perlu menjadi perhatian bagaimana cara merealisasikannya. Sebab Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten tidak berperan secara langsung dalam penggunaan dana desa.

Desa diberikan kewenangan secara luas untuk mengatur urusan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa.

Walhasil, penggunaan DD boleh dikatakan digunakan semau kepala desa yang ditetapkan bersama melalui musyawarah desa. Disisi lain, Isran menjanjikan akan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan bagi juara lomba tiga even tersebut.

DPMPD Kaltim sebagai leading sektor pelaksanaan kegiatan diminta segera menyiapkan pendanaannya melalui usulan anggaran APBD Kaltim.

Penutupan tiga even sendiri ditandai pemukulan kentongan dan penyerahan berbagai penghargaan dalam rangka lomba HKG PKK, GelarTTG, dan penghargaan berupa pin emas bagi Pengurus TP PKK Kabupaten/Kota yang mengabdi selama 15 tahun tidak putus-putus. Diakhir acara ditutup dengan persembahan penampilan Artis Ibukota Yuni Shara.(DPMPD Kaltim/arf)  


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023