Isran Sebut Kukar dan PPU Siap Jadi Pilihan Lokasi Pemindahan Ibukota Negara
20 Agustus 2019 Admin Website Berita 7052
Isran Sebut Kukar dan PPU Siap Jadi Pilihan Lokasi Pemindahan Ibukota Negara

SAMARINDA -- Dua lokasi di wilayah Kaltim yang ditawarkan sebagai lokasi pemindahan Ibukota Negara, yakni di Bukit Soeharto, Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) disebut siap jika wacana tersebut direalisasikan.

"Tidak ada mana yang lebih siap. Dua-duanya siap jika rencana pemindahan Ibukota ke Kaltim," aku Gubernur Kaltim, Isran Noor disambut tepuk tangan riuh mereka yang hadir di Program Indonesia Lawyers Club (ILC) melalui siaran TV ONE, Selasa (20/8) malam.

Sebagai warga negara yang baik kata Isran, masyarakat Kaltim sepenuhnya siap mewujudkan kebijakan Presiden RI, Joko Widodo yang akan memindahkan Pusat Pemerintahan RI ke wilayah Kalimantan.

Terlebih wacana pemindahan Ibukota sudah pernah mengemuka sejak Presiden RI pertama, Soekarno. Karenanya dia berharap apa yang sudah direncanakan tersebut hendakanya segera direalisasikan untuk mendorong terwujudnya pemerataan pembangunan hingga wilayah pedalaman Kalimantan.

Dipaparkan Mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini, Kaltim memiliki posisi strategis ditetapkan sebagai pilihan lokasi pemindahan Ibukota.

Selain dilihat kesiapan insfrastruktur, peran Kaltim terhadap negara sudah cukup besar. PDRB Kaltim memberi sumbangsih besar terhadap PDB Nasional dan terbilang paling besar ketimbang provinsi lain di Indonesia.

Pada 2018 saja, sebut dia, nilai ekspor yang lagsung dari Kaltim mencapai USD $18,6 Milyar dan USD $12 Milyar dari luar Kaltim, serta USD $4,6 Milyar nilai impor.

"Kalau dihitung surplus. Sekitar USD $28 Milyar. Walaupun dalam anggaran di Kaltim rendah. Bahkan Kaltim terendah se Kalimantan. Hanya sekitar 2,8 persen dari sumbangsih kita," katanya.

Meski begitu Kaltim tetap menerima kebijakan tersebut sebagai bentuk kesetiaan terhadap negara.

Pun demikian ketika ada isu pemindahan Ibukota Negara atau pusat pemerintahan, masyarakat Kaltim siap mendukung sebagai bentuk kesetiaan terhadap negara.

"Ini bukan kabar menggembirakan, tapi juga kontribusi masyarakat Kaltim. Kita siap saja, soal dana negara punya urusan. Harus bisa dilaksanakan demi kepentingan bangsa dan negara," timpalnya.

Hal lain yang dianggap menjadi kesiapan Kaltim. Ketika melihat sejarah, Kaltim merupakan daerah dengan kerajan  tertua di Indonesia. Bahkan keturunan raja pertamanya memiliki anak yang berkuasa dibeberapa daerah di Indonesi kala itu.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023