Jambore Kesehatan Jiwa Porkesremen Upaya Perkuat Pelayanan dan Jejaring Antar Daerah
03 Oktober 2019 Admin Website Berita 6758
Jambore Kesehatan Jiwa Porkesremen Upaya Perkuat Pelayanan dan Jejaring Antar Daerah

8BANGKA BELITUNG -- Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Anung Sugihartono, M.Kes saat mewakili Menteri Kesehatan RI membuka Jambore Kesehatan Jiwa Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabilitan Mental (Porkesremen) VII mengatakan, bahwa di seluruh dunia, bunuh diri cenderung mengalami kenaikan. 

Karena itu, kegiatan jambore ini dimaksudkan untuk memperkuat pelayanan dan jejaring antar daerah, utamanya dalam upaya mencegah atau mengurangi tindakan bunuh diri.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Erzaldi Rosman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah jambore. 

Selain itu, Gubernur juga mengajak semua hadirin untuk mendukung dan mendorong Rehabilitan untuk hidup normal kembali. 

Semantara Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi sebagai ketua rombongan mengaku bersyukur Pembukaan Jambore Kesehatan Jiwa Porkesremen VII berlangsung dengan meriah. 

"Usai Jambore Kesehatan Jiwa dan Porkesremen VII dibuka, langsung diguyur hujan. alAlhamdulillah hujan mengguyur dan membasahi rumput lapangan Bina Satria yang sudah mengering. Satu pertanda kemarau panjang. Semoga membawa barokah, terutama di Bumi Serumpun Sebalai, Bangka Belitung," kata Jauhar.

Usai pembukaan, ditandai dengan penekanan tombol sirine. Upacara pembukaan bertempat di Stadion Bina Satria, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dubuka tadi pagi (3/10) oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Anung Sugihartono, M.Kes., mewakili Menteri Kesehatan RI. 

Sebelum dibuka, diawali dengan defile 23 kontingen dari Rumah Sakit Jiwa  (RSJ) maupun Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO). Jumlah kontingen sebanyak 479 orang. Defile diawali dari Provinsi Daerah Isimewa Aceh dan diakhiri dari Kontingen Tuan Rumah, yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Defile Kontingen Kaltim yaitu dari RSJD Atma Husada Mahakam berada di urutan nomor 17. Penampilan Kaltim setelah Kontingen dari Provinsi Bali dan sebelum Kontingen Kalsel. Kontingen Kaltim sebanyak 47 orang dengan kaos warna kuning dan pakai rompi hitam bertopi, diikuti dengan pakaian khas Kutai dan Dayak. 

Ketika di depan panggung kehormatan, Ketua Rombongan mengalungkan selempang manik-manik dan menyerahkan rangkaian bunga buatan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Erzaldi Rosman. Sedangkan hal yang sama penyerahahan kepada Dirjen P2P oleh Direktur RSJD Atma Husada, dr. Padilah, M.Si., MARS.

Tema Jambore Kesehatan Jiwa Porkesremen adalah "Bekerja Bersama, Mencegah Bunuh Diri", dengan Sub Tema : "Sehat Jiwa Dimulai dari Diri Sendiri dan Keluarga".(DPMPD Kaltim/MJE/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023