Jimmy Ingatkan Prioritas ke Depan Bangun Infrastruktur Pengetahuan
Jimmy Ingatkan Prioritas ke Depan Bangun Infrastruktur Pengetahuan


KUKAR -- Advisor Kemendes PDTT Bidang Hukum dan Kebijakan Publik, Jimmy Gani memanfaatkan kesempatan berbicara di daerah untuk mengingatkan agar desa melakukan transformasi dalam menetapkan perencanaan prioritas penggunaan dana desa.

Akan ada pergeseran prioritas penggunanaan dana desa dari memberikan prioritas terhadap infrastruktur fisik, menjadi prioritas pada infrastruktur pengetahuan yang ditindaklanjuti dengan program peningkatan kualitas SDM.

"Kedepan arahnya sudah berbeda. Jika beberapa tahun terakhir desa lebih memprioritaskan untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur, secara perlahan harus sudah bergeser," kata Jimmy saat memberi arahan pada FGD Strategi Pengembangan Potensi SDM di desa, di Aula Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Kukar, Kamis (11/7). 

Karenanya dia berharap Permendes terkait prioritas pelaksanaan dana desa yang sedang dikonsep bisa segera selesai dan disahkan. Nantinya permendes itu menjadi acuan setiap daerah melaksanakan pemanfaatan dana desa.

Sejalan dengan itu, hasil diskusi akan menjadi bahan masukan penyempurnaan konsep permendes tersebut. Gilirannya acuan penggunaan dana desa tersebut benar-benar dapat mengakomodir kepentingan desa-desa di Indonesia.

Terkait pelaksanaan FGD Strategi Pengembangan Potensi SDM di Desa, dia berharap desa-desa dapat menggali informasi berharga menjadi dasar penyusunan kebijakan pembangunan desa.

Sebab era sekarang bukan lagi sentrik difokuskan di Jawa. UU Desa memberikan keleluasaan desa untuk lebih berdaya. Mengatur urusan tumah tangganya sendiri secara mandiri.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019