Kaltim Agendakan Mulai Kegiatan Persiapan Pelaksanaan FCPF Carbon Fund
Kaltim Agendakan Mulai Kegiatan Persiapan Pelaksanaan FCPF Carbon Fund


SAMARINDA --- Provinsi Kaltim mengagendakan mulai melaksanakan program persiapan pelaksanaan program pengurangan emisi karbon Forest Carbon Partnership Fasility (FCPF) Carbon Fund 2020-2024. Sesuai target batas pelaksanaan program persiapan diharap selambat-lambatnya sudah tuntas terlaksana pada Oktober 2019 dan program FCPF Carbon Fund dimulai pada awal 2020.

"Sekarang sedang menyusun tata waktu pelaksanaan kegiatan persiapan pelaksanaan FCPF Carbon Fund. Pada pertemuan awal sudah ditetapkan program persiapan dan penanggung jawabnya. Sekarang lebih pada penyesuaian jadwal pelaksanaannya yang bisa berkolaborasi dengan kegiatan persiapan dilaksanakan antar penanggung jawab kegiatan," ujar Sosial Development Expert FCPF Carbon Fund, Akhmad Wijaya saat membuka rapat koordinasi penyusunan tata waktu kegiatan persiapan program FCPF Carbon Fund, Selasa (28/5).

Menurutnya, beberapa kegiatan persiapan yang akan dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait memungkinkan dipadukan dikolaborasi menjadi satu kegiatan di setiap lokus lokasi pelaksanaan.

Sebagai contoh, program MMR, tata pemerintahan kampung, sosialisasi Program Kampung Iklim, dan monitoring evaluasi ke kabupaten memungkinkan dilaksanakan bersamaan.

Selain dapat menghemat waktu pelaksanaan, juga dapat mengantisipasi kejenuhan perangkat desa dan masyarakat sasaran kegiatan karena banyak mengikuti kegiatan hampir serupa.

Pada pelaksanaannya akan dilakukan evaluasi perbulannya untuk memastikan kegiatan persiapan tersebut terlaksana dengan baik.

"Kegiatan persiapan ini untuk memudahkan dalam pelaksanaan FCPF pada 2020 mendatang. Makanya harus dilaksanakan dengan baik. Tunjukan Kaltim bisa melakukan. Menjadi percontohan pelaksanaan program penurunan emisi karbon berbayar. Dibuktikan dengan output yang tidak mengecewakan. Kegiatan persiapan yang diusulkan dilaksanakan dengan baik," sebutnya.

Dengan demikian, saat dievaluasi Kaltim menunjukan berhasil menjadi percontohan dan  laik menjadi tujuan pembelajaran program penurunan emisi karbon berbayar FCPF Carbon Fund.

Itu sebabnya OPD terkait harus solid agar dapat membuktikan komitmen pelaksanaannya dengan hasil dicapai.

Nampak hadir dalam rapat koordinasi OPD lingkup Kaltim dan mitra pembangunan terkait.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019