Kaltim Ikuti Forum Pembelajaran Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Terpadu
05 Juni 2018 Admin Website Berita 6757
Kaltim Ikuti Forum Pembelajaran Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Terpadu

JAKARTA – Kaltim menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mengikuti Forum Pembelajaran Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Terpadu hasil pelaksanaan uji coba yang dilakukan di lima provinsi di Indonesia, yakni Daerah Istimewa Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat  termasuk Kaltim.

Kegiatan kerjasama Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Pemdes Kemendagri), Kompak, dan Australian Government tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni 5-6 Juni 2018, di Jakarta.

Direktur Jenderal Bina Pemdes Kemendagri, Nata Irawan saat membuka forum, di Jakarta, Selasa (5/6) pagi ini menyebutkan sebenarnya semua urusan yang ditangani Pemerintah Desa juga ditangani oleh Pemerintah Pusat.

“Ini maknanya sangat dalam. Menunjukan tugas Pemerintah Desa itu juga cukup berat, mirip-mirip dengan tugas yang dilakukan pemerintah pusat,” ujarnya.

Ada empat hal yg harus mendapatkan perhatian terkait penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu pengelolaan keuangan desa, perencanaan, penyusunan peraturan  desa, dan manajemen pemerintahan desa.

Untuk melaksanakan hal tersebut kata kuncinya adalah koordinasi dan kolaborasi. Jadi antara kebijakan top down atau atas ke bawah dan  bottom up bawah ke atas harus berimbang.

“Tidak boleh saling memaksakan agar desa bisa menjadi maju, mandiri, dan sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut peran pengawasan internal pemerintah sangat penting. Baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan. Tentunya pengawasan yang dilakukan sesuai dengan tata kelola penerintahan,” sebutnya.

Hal senada diungkapkan Deputi Menteri Bidang Pengembangan Regional BAPPENAS, Rudy S. Prawiradinta. Sepertinya mekanisme proses penyusunan APBN yang dilakukan di Pusat juga dilakukan di desa.

Sementara itu, Concelor for Human Development, Kedutaan Besar Australia, Mrs. Michelle Lowe dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Australia sudah sejak lama mendampingi Pemerintah Indonesia dalam kegiatan peningkatan kapasitas aparatur desa. Salah satunya dilaksanakan saat pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan.

“Adalah sebuah kehormatan, Pemerintah Australia melalui KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) terlibat dalam kerjasama Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD). Diharapkan PKAD ini menjadi acuan atau landasan bagi kegiatan yang akan datang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi menyampaikan tentang inisiasi Pemprov Kaltim bersama LSM Non Profit TNC yang akan menerbitkan Rapergub tentang SIGAP dalam proses perencanaan desa. Demikian juga disampaikan tentang kekurangan tenaga pendamping desa yang sampai saat ini tidak kunjung diputuskan oleh Kemendes PDTT untuk proses rekrutmen.(DPMPD Kaltim/jauhar)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023