Kepala Desa Diimbau Ikut Jaga Kamtibmasy
17 Oktober 2019 Admin Website Berita 6378
Kepala Desa Diimbau Ikut Jaga Kamtibmasy

BALIKPAPAN – Segenap Kepala Desa di wilayah Kaltim diimbau untuk ikut menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmasy) di wilayahnya masing-masing. Sebagai tataran pemerintah yang bersentuhan dengan masyarakat, Kepala Desa harus mampu merangkul warganya bersama-sama memajukan desanya yang salah satunya didukung dengan menciptakan suasana keamanan kondusif.

“Sebagai contoh kejadian kerusuhan antar kelompok masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kepala Desa punya andil menenangkan suasana. Rangkul mitra kerja di tingkat desa seperti Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk menciptakan suasana kondusif,” seru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi dihadapan Kepala Desa saat menjadi pembicara Lokakarya Pemerintahan Desa, di Balikpapan, Kamis (17/10).

Idealnya permasalahan individu harus diselesaikan dengan baik antar individu. Tidak elok ketika masalah individu diperbesar menjadi masalah kelompok.

Sebab jika kerusuhan membesar akan berdampak pada pelaksanaan roda pemerintahan dan perekonomian masyarakat. Tidak hanya di tingkat desa, tapi bisa naik pada level kabupaten, provinsi, bahkan nasional.

Dampaknya akan semakin besar serta merugikan bagi daerah, tentunya masyarakat setempat. Maksudnya seperti kejadian kerusuhan di Kabupaten Penajam Paser Utara, kondisi tersebut tentu merugikan sisi materi karena ada kerukasan rumah penduduk dan fasilitas umum, serta mempengaruhi iklim investasi di daerah tersebut.

“Belum lagi jika dilihat skala nasional. Ini merugikan Penajam Paser Utara sendiri yang merupakan lokasi pemindahan Ibu Kota Negara. Nilai jual atau keunggulan Kaltim ketimbang daerah lain karena kondusif,” sebutnya.

Namun demikian dia bersyukur permasalahan tersebut bisa segera teratasi dan suasana di Kabupaten Penajam Paser Utara kembali kondusif. “Semoga kejadian seperti ini tidak terulang. Mari Kepala Desa bersama-sama menjaga kondusifitas daerahnya,” harapnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023