Lurah Teritip dan Kepala Kampung Batu Putih Ikuti Program Pengembagan SDM Juara Lomdeskel
01 November 2019 Admin Website Berita 7005
Lurah Teritip dan Kepala Kampung Batu Putih Ikuti Program Pengembagan SDM Juara Lomdeskel

YOGYAKARTA – Juara pertama perlombaan kelurahan regional III 2019 (Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan) dan  juara kedua perlombaan desa regional III 2019 (Desa Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau) diajak mengikuti program pengembangan SDM Juara Lomdeskel.

Program pengembangan SDM bagi lurah dan kepala desa tersebut diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, di Yogyakarta, Rabu (30/10) kemarin. Kegiatan dibuka Direktur Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurah Dr. Eko Prasetyanto PP, M.Si, MA.

Dikatakan Eko, kegiatan mengangkat tema “menuju desa dan kelurahan digital dengan tetap mempertahankan adat budaya lokal serta kelestarian lingkungan hidup”. Tema dianggap penting mengingat era globalisasi memposisikan kepala desa dan lurah mempunyai peran sangat penting menghadapi tantangan kemajuan peradaban penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan.

“Termasuk di dalamnya untuk meningkatkan kemajuan desa dan kelurahan serta pelayanan kepada masyarakat,” katanya

Pemda dan pemdeskel dituntut juga mampu memberikan pelayanan secara cepat dan tepat, valid dan reliable, serta e-government. Ini menjadi tolok ukur penyelenggaraan pemerintahan yang serba transparan dan terbuka.

Era digital juga membawa tantangan baru, karena arus globalisasi dan modernisasi perlahan-lahan merubah budaya dan prilaku.

Hal tersebut mendasari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dengan profil desa dan kelurahan ingin menjawab mengenai arti pentingnya data di era globalisasi.

“Oleh karena itu mari kita jadikan profil desa dan kelurahan sebagai rumah data desa dan kelurahan nasional. Menjadi wadah menyimpan dan mengolah seluruh data mengenai potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan di seluruh Indonesia,” serunya.

Karenanya dia berharap kegiatan pengembangan SDM memberikan wawasan bahkan merubah pola fikir mewujudkan desa dan kelurahan digital.

Kegiatan pengembangan SDM sendiri dilaksanakan selama empat hari dari 30 Oktober - 2 November 2019. Kegiatan antara lain, kunjungan ke Kelurahan Cokrodiningratan Kota Yogyakarta (juara III kelurahan wilayah II (jawa dan Bali) tahun 2019, kunjungan ke Desa Srimulyo Kabupaten Bantul (juara I Desa wilayah II (jawa dan bali) tahun 2019.

Kemudian mengunjungi Balai Pemdes Yogyakarta; dan menerima materi dari Direktur Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, ANRI, Direktur BP2DK, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk masyrakat dan pemerintah BAKTI KEMENKOMINFO, Kepala Biro Pemberdayaan Masyarajat Detda Prov. DIY.(DPMPD Kaltim/kasma/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023