Masjid Al - Husna BPMPD Prov. Kaltim Gelar Shalat Jum’at Perdana
14 Februari 2016 Admin Website Berita 6825
Masjid Al - Husna BPMPD Prov. Kaltim Gelar Shalat Jum’at Perdana

Samarinda, Kaltim : Shalat Jum’at merupakan ibadah yang diwajibkan bagi seluruh kaum Muslimin, perintah tersebut sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al – Qur’an Surah Al Jumuah Ayat 9 yang berbunyi :

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al Jumuah : 9)

Seperti juga perintah yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW:

"Shalat Jum’at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjamaah, kecuali empat golongan yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang menderita sakit" (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Selanjutnya juga dalam hadits yang diriwayatkan Abul Ja’ad Adh-Dhumasry Ra, Rasulullah SAW Bersabda : 

Barangsiapa meninggalkan tiga kali sholat Jum’at karena menganggap enteng (malas) tanpa alasan yang bisa diterima niscaya Allah Swt akan menutup hatinya"

Dari paparan Surah dan Hadist diatas sudah jelas keutamaan dari Shalat Jum’at bagi kaum Muslimin, sehingga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur, Moh. Jauhar Efendi memberikan gagasan untuk mempermudah pelaksanaan Shalat Jum’at dan Shalat Fardhu lainnya di lingkungan perkantoran jalan MT. Haryono perlu disediakan sebuah Masjid agar dapat memberikan kemudahan bagi Jama’ah yang akan melaksanakan Shalat Jum’at.

 

Sehingga resmi pada hari senin pada tanggal 1 Februari 2016 Mushola Al – Husna BPMPD Prov. Kaltim berubah menjadi Masjid Al- Husna, perubahan ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari internal pegawai BPMPD Prov. Kaltim dan juga kantor – kantor yang berada di jalan MT Haryono dan sekitarnya dan juga mendapatkan respons yang baik dari warga sekitar lingkungan kantor BPMPD Prov. Kalimantan Timur.

 

Ini terlihat pada saat pelaksanaan Shalat Jum’at Perdana pada tangga 5 Februari 2016 jamaah yang hadir selain dari pegawai BPMPD Provinsi Kalimantan Timur, juga terdapat pegawai – pegawai dilingkungan jalan MT. Haryono dan juga masyarakat sekitar. Bertindak selaku Khotib dan Imam pada Shalat Jum’at perdana adalah Bapak Drs. H. A. Afandi Zaini, SH, MM Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Kalimantan Timur dan bertindak sebagai Mu’adzin Bapak Muhammad Idris, shalat Jum’at dihadiri sekitar 80 orang Jama’ah jumlah yang sangat cukup untuk melaksanakan shalat Jum’at berjamaah.

 

Diharapkan seluruh kaum Muslimin dan Muslimat yang berada dilingkungan sekitar jalan MT. Haryono dan sekitarnya dapat memakmurkan Masjid Al – Husna tersebut baik dalam Shalat fardhu dan shalat Jum’at, untuk terus men Syiar-kan Agama Islam.(BPMPD Kaltim/AMF)

 

 

//FOTO: HUSAIRIN/BPMPD


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023