Nor Baiti Janjikan Bangun Kerjasama Latih Keterampilan dan Promosi Produk Warga Binaan
26 Desember 2019 Admin Website Berita 6634
Nor Baiti Janjikan Bangun Kerjasama Latih Keterampilan dan Promosi Produk Warga Binaan

TENGGARONG – Segenap organisasi wanita Provinsi Kaltim melakukan anjangsana atau kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Perempuan Kelas II Samarinda, di Tenggarong, Kamis (26/12) pagi.

Kunjungan dipimpin Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim, Nor Baiti Isran Noor didampingi  Erni Makmur Hadi Mulyadi beserta segenap pengurus TP PKK Kaltim dan organisasi wanita lainnya.

Dikatakan Nor Baiti, anjangsana tersebut dimaksudkan untuk melihat kegiatan kaum perempuan yang tinggal di LAPAS. Harapannya dapat memberikan semangat baru sebagai perempuan Kaltim di momen Peringatan Hari Ibu ke 91 tingkat Provinsi Kaltim.

Karenanya pada kesempatan itu, dia menjanjikan akan membangun kerjasama dengan LAPAS Perempuan Kelas II A Samarinda dalam hal pelatihan keterampilan dan promosi produk hasil kreasi warga binaan.

“PKK akan menggandeng Balai Latikan Kerja (BLK) Samarinda maupun Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim untuk pelatihan keterampilan warga binaan. Harapannya setelah keluar mempunyai berbagai keterampilan yang dapat menjadi sumber pendapatan mereka,” kata Nor Baiti yang juga Ketua Dekranasda Kaltim ini.

Adapun pelatihan yang akan dikerjasamakan seperi kursus menjahit, maupun membuat kue melengkapi keterampilan menyulam dan membuat kerajinan manik serta gantungan kunci yang sudah diberikan LAPAS.

Besar harapan Nor Baiti warga binaan bisa membuat kegiataan dan kegiatannya bermafaat buat diri dan sekitarnya. “Pada saatnya mereka tidak perlu keluar rumah pun bisa mendapat penghasilan. Meskipun memang merubah ritme kegiatan sebelumnyayang dilalui tidak mudah, tapi setelah pembinaan yakin bermanfaat,” yakinnya.

Kemudian hasil kerajinan yang ada akan dibantu fasilitasi promosi melalui Dekransda, sehingga kegiatan yang dihasilkan bisa dijual dan perempuan mendapat penghasilan.

Terpenting, wanti dia, perempuan harus terus memiliki motivasi. “Jangan patah semangat. Semua harus dihadapi dengan kesabaran, ketabahan, dan semanngat ingin merubah diri sendiri,” serunya.

Kepala LAPAS Perempuan Kelas II A Samarinda, Sri Astiani menyebut kerjasama tersebut akan segera ditindaklanjuti. Rencananya akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman MoU  antara LAPAS Perempuan Kelas II A Samarinda dengan TP PKK Kaltim dan BLK Samarinda pada awal 2020.

“Kerjasama fasilitasi pemasaran produk hasil warga binaan dan fasilitasi pembinaan kemandirian dengan pelatihan, maupun fasilitasi pembinaan bidang agama,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023