PKK Diajak Beri Perhatian Upaya Lanjutan Penanganan Stunting
26 Juni 2019 Admin Website Berita 9817
PKK Diajak Beri Perhatian Upaya Lanjutan Penanganan Stunting

SANGATTA -- Semua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) baik tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa dan kelurahan diajak memberi perhatian terhadap upaya lanjutan penangan stunting di daerah masing-masing.

Penanganan stunting atau anak kerdil karena kurang asupan gizi akut disebut merupakan program prioritas nasional yang harus didukung turut disukseskan di daerah.

"Sebagai mitra pemerintah PKK harus terlibat dalam penanganan kasus stunting. PKK bekerjasama dengan lintas sektor terkait bersama-sama masyarakat menanggulangi dan mencegah terjadinya kasus stunting," kata Ketua TP PKK Kaltim, Nor Baiti saat mengunjungi Posyandu Kemala Bhayangkari, Sangatta, Rabu (26/6).

Dia menilai pelaksanaan penanganan kasus stunting tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri. Mengatasi stunting harus dengan kebersamaan berperan seauai keahlian masing-masing.  

"TP PKK tidak bisa jalan sendii, pemerintah sendiri. Yang benar itu TP PKK bersama pemerintahan sesuai kewenangannya. Camat beserta TP PKK Kecamatannya dan seterusnya kewenangan di bawahnya bekerja bersama agar menjadi kekuatan besar dalam penanganan stunting ,"timpalnya.

Peran PKK yang diharapkan diantaranya mengaktifkan dasawisma dan posyandu. Melaksanakan kegiatan yang semuanya berujung terciptanya kesehatan masyarakat. Penanangann stunting perlu menjadi perhatian karena bila terjadi dapat mengganggu perkembangan otak.

Bila itu terjadi akan merugikan negara maupun daerah, karena kehilangan generasi berkualitas calon penerus masa depan.

Pada kesempatan itu dia mengapresiasi keberhasilan penanganan kasus stunting di Kabupaten Kutai Timur yang mampu menurunkan junlahnya dari sebanyak 35 orang menjadi tersisa 8 orang.

"Perlu diapresisi kerjanya. Artinya bisa dijadikan percontohan. Jika dikatakan Kaltim butuh percontohan penanganan stunting, Kutai Timur bisa dihadirkan. Sebelum ada pilot project penanganan stunting secara nasional, di Kutai Timur sudah ada," ucapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kutai Timur Encek UR Firgasih Ismunandar menyebut pencegahan stunting menjadi program prioritas baik tingkat nasional dan daerah sehingga TP PKK mutlak harus mendukungnya.

Untuk diketahui kedatangan Ketua TP PKK Kaltim bersama Wakil dan Pokja IV serta Ketua, Wakil, Sekretaris TP PKK Kabupaten/Kota se Kaltim dalam rangka kunjungan Pokja 1V TP PKK se Kaltim rangkaian HKG PKK Kaltim ke 47.

  • Saat bersamaan Posyandu Kemala Bhayangkara sedang melaksanakan kegiatan bhakti sosial pengobatan gratis, IVA Test, Germas, Gerakan Gemar makan daging dan telur, serta gerakan minum susu.(DPMPD Kaltim/arf)

Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023