Sasar Berau, Pemprov Sosialisasikan Peningkatan Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2020
06 November 2019 Admin Website Berita 6555
Sasar Berau, Pemprov Sosialisasikan Peningkatan Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2020

TANJUNG REDEB – Pemprov Kaltim melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mulai “turun gunung” membangun kesadaran masyarakat untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilakasnakan di 9 Kabupaten/Kota se Kaltim.

Salah satunya, menyasar Kabupaten Berau untuk menggelar Sosialiasi Peningkatan Pastisipasi Pemilih Bagi Pemilih Muda, Kaum Perempuan dan Penyandang Disabilitas dalam Pilkada Serentak 2020, di Kabupaten Berau, Rabu (6/11).

Sosialisasi dibuka Gubernur Kaltim, Isran Noor melalui Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi yang sekaligu membacakan sambutan tertulis.

Nampak hadir Bupati Berau, Muharram menyampaikan sambutan sebagai tuan rumah, Kepala Kesbangpol Kaltim, Yudha Pranoto, serta  Nara Sumber Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah, Kasubdit Pendidikan Politik Kemendagri, Cahyo Ariawan, dan Kepala Biro PPOD Setprov Kaltim, Deni Sutrisno.

Dikatakan Gubernur Isran dalam sambutan tertulisnya, sosialisasi perlu dilakukan karena, hampir seluruh wilayah Kaltim kecuali Kabupaten Penajam Paser Utara dan Provinsi Kaltim bakal menyelenggarakan Pilkada serentak 2020.

Meskipun berkaca masa lalu penyelenggaraannya selalu berhasil menggelar pilkada dan pemilu dengan baik. Hal itu membuktikan rakyat kita sudah dewasa dalam menyikapi fenomena politik dan perbedaan pilihan. Berhasil membangun tatanan demokrasi yang tokoh merupakan hasil perpaduan kerja semua pihak baik penyelenggara, pengawas, pemerintah dan aparat keamanan yang didukung penuh oleh masyarakat.

“Kondisi ini harus kita pertahankan sampai kapan pun dan bisa menjadi contoh daerah lain dalam kehidupan berpancasila dengan baik melalui Pilkada yang selalu berakhir damai dan kondusif,” sebutnya.

Kendati demikian dibalik keberhasilan Kaltim dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada ada yang perlu diperhatikan yakni soal partisipasi pemilih. Berkaca pada Pemilihan Gubernur 27 Juni 2019 partisipasi pemilih Kaltim hanya 50,16 persen atau jauh dari target 77,5 persen dengan angka golput mencapai 41,48 persn.

Hal ini harus menjadi perhatian semua terutama penyelenggara dan pengawas serta pemerintah agar benar-benar bekerja keras mencapai partisipasi yang lebih baik.

“Biaya Pilkada relatif mahal. Tercatat jumlah dana hibah yang digelontorkan oleh 9 kabupaten/kota untuk Pilkada kali ini mencapai Rp563 miliar lebih. Karena itu melalui kegiatan saya mengajak peserta dapat menyerap dan memperhatikan berbagai hal yang disampaikan nara sumber selanjutnya saudara-saudara bisa mengajak kolega tetangga serta anggota keluarga dan siapa saja untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020,” serunya.

Kepada penyelenggara dan pengawas, dia minta bekerja keras memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada berjalan sesuai aturan dan harapan sehingga mampu menggugah antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada saat nanti.

Sosialisasi ini sangat penting karena keberhasilan sebuah pemilih pemilihan umum di suatu negara atau daerah tidak hanya dilihat dari keamanan kelancaran dan terpilihnya pemimpin dengan prinsip langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil, terpenting dalam proses demokrasi adalah dukungan masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

Dengan begitu akan terlihat tingkat partisipasi yang signifikan termasuk bagi pemilih pemula agar betul-betul memanfaatkan momen bersejarah ini, karena sebagai warga negara mereka telah diberi kesempatan untuk pertama kalinya ikut menentukan masa depan daerah.

“Seluruh warga Kaltim kususnya rakyat Berau untuk datang ke TPS dengan wajah berseri dan penuh kebahagiaan untuk memilih kepada daerah masing-masing,” katanya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 17 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023