Semua Daerah Harus Segera Susun Profil Desa
05 Maret 2018 Admin Website Berita 6711
Semua Daerah Harus Segera Susun Profil Desa

SAMARINDA– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Kaltim kembali memikirkan terobosan terkait pembinaan pemerintahan desa. Teranyar, Jauhar punya wacana mendorong setiap desa untuk segera menyusun profil desanya masing=masing.

“Harapannya semua daerah harus menyusun profil desa. Bila perlu Kepala Daerah membuat kebijakan yang dapat mendorong percepatan desa di wilayahnya untuk segera menyusun profil desa masing-masing,” ujar Jauhar ketika berbincang, di Samarinda, Senin (5/3).

Menurut Jauhar keberadaan profil desa penting dalam perencanaan pembangunan daerah. Dari profil bisa terlihat kondisi dan potensi yang dimiliki desa, sehingga dapat dijadikan acuan dalam proses perencanaan pembangunan.

Idealnya, profil desa bukan hanya sebatas memuat data keluarga, tapi juga mencakup keseluruhan desa termasuk di dalamnya potensi desa.

Artinya dengan pegangan profil desa yang valid dapat memudahkan kepada daerah membuat kebijakan pembangunan daerah.

Itu sebabnya, profil desa menjadi salah satu indikat orkunci penilaian lomba desa yang dilakukan dalam rangka pembinaan evaluasi perkembangan desa secara berjenjang tangka daerah dan regional. Bobotnya mencapai 30 persen dari total keseluruhan indikator penilaian.

“Bisa dikatakan kemajuan desa dapat diukur dari profil desa yang dibuat. Makanya harus segera disusun. Dan yang sudah menyusun tetap harus memperbaharui secara berkala menyesuaikan kondisi perkembangan desa,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023