Serentak Penandatanganan Perpanjangan Kontrak TPP di Lima Kabupaten
28 Januari 2019 Admin Website Berita 6568
Serentak Penandatanganan Perpanjangan Kontrak TPP di Lima Kabupaten

SAMARINDA – Proses penandatanganan perpanjangan kontrak Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) terus berlanjut.

Setelah sebelumnya diawali penandatanganan kontrak di Kabupaten Paser, Senin (28/1) hari ini dilanjutkan penandatanganan kontrak secara serentak di lima kabupaten se Kaltim, yakni Kutai Timur, Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

“Sesuai target semua tenaga pendamping yang dilanjutkan kontraknya harus sudah melakukan penandatanganan kontrak sebelum akhir Januari 2019,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi via pesan whatsapp, Senin (28/1).

Maksudnya agar tenaga pendamping bisa langsung action melaksanakan tugas pendampingan pelaksanaan P3MD yang anggarannya dibiayai Dana Desa tahun anggaran 2019. Sebab proses pencairan Dana Desa tahap pertama sebesar 20 persen dari total pagu sudah bisa dicairkan Januari 2019.

Ia berharap kucuran dana pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tersebut bisa segera terserap untuk mewujudkan mimpi merubah wajah desa menjadi maju, mandiri, dan sejahtera.

Menurut  Jauhar, TPP yang melaksanakan penandatanganan kontrak direncanakan sebanyak 437 orang TPP dari total kuota Kaltim sebanyak 475 orang yang tersebar di 7 kabupaten se Kaltim. Hanya saja ia mengaku belum mendapat laporan jumlah total yang melaksanakan penandatanganan kontrak hingga hari ini.

Kecuali di Kabupaten Berau yang dihadirinya secara langsung menyaksikan proses penandatanganan kontrak dan memberi pengarahan. Khusus Berau 47 TPP dan 2 operator komputer, yakni Tenaga Ahli 6 orang, Pendamping Desa Pemberdayaan 14 orang kosong 2 orang, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur 2 orang kosong 8, Pendamping Lokal Desa 25 orang kosong 4 orang, dan 2 orang operator komputer.

Sementara itu, berdasarkan laporan Tim Satker P3MD di Kabupaten Penajam Paser Utara berjumlah 22 orang TPP dan 1 orang operator komputer. Rinciannya 4 orang Tenaga Ahli, 6 orang Pendamping Desa Pemberdayaan, 4 orang Pendamping Desa Teknik Infrastruktur, dan 8 orang Pendamping Lokal Desa.

Kabupaten Kutai Barat sebanyak 90 orang TPP, yakni Tenaga Ahli 6 orang, Pendamping Desa Pemberdayaan 26 orang, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur 10 orang, dan Pendamping Lokal Desa 48 orang.

Kabupaten Kutai Timur sebanyak 74 orang terdiri dari Tenaga Ahli 6 orang, Pendamping Desa Pemberdayaan 19 orang, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur 11 orang, dan Pendamping Lokal Desa 38 orang. Satu orang berhalangan hadir karena sakit dan satu orang lainnya mundur karena lolos seleksi CPNS.

Kabupaten Mahakam Ulu yang melakukan penandatanganan kontrak sebanyak 22 orang dari 23 TPP karena 1 orang berhalangan hadir. Rinciannya Tenaga Ahli 4 orang, Pendamping Desa Pemberdayaan 8 orang, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur 1 orang, dan Pendamping Lokal Desa 9 orang. Dan Kabupaten Kutai Kartanegara baru akan dilaksanakan penandatanganan kontrak pada Selasa (29/1) besok.

Sedangkan Kabupaten Paser yang sudah lebih dulu melaksanakan penandatanganan kontrak sebanyak 68 orang, yakni 6 orang Tenaga Ahli, 18 orang Pendamping Desa Pemberdayaan, 9 orang Pendamping Desa Teknik Infrastruktur, dan  35 orang Pendamping Lokal Desa.

“Melihat laporan jumlah yang melaksanakan penandatanagan kontrak bisa dipastikan Kaltim akan kembali kekurangan jumlah ideal pendamping. Dari jumlah kuota saja kita kurang, apalagi jumlah ideal dengan mempertimbangkan lokasi ekstrim daerah pendampingan,” ujarnya.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023