Ujang : PPID Pembantu Tidak Bisa Bekerja Baik Tanpa Dukungan Bidang
22 Mei 2019 Admin Website Berita 6335
Ujang : PPID Pembantu Tidak Bisa Bekerja Baik Tanpa Dukungan Bidang

SAMARINDA – Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ujang Rachmad didaulat berbagi kisah sukses penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik lingkup instansinya pada Rapat Kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu lingkup Pemprov Kaltim, Senin (20/5) kemarin.

Dihadapan PPID Pembantu lingkup Pemprov Kaltim Ujang menyebut yang harus ditegakan dalam penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik secara prinsip adalah OPD sebagai badan publik harus mampu mewujudkan keterbukan dengan baik.

Maksudnya, OPD harus mampu menyediakan informasi publik baik diminta maupun tidak diminta. Cara mudahnya harus terus berinovasi memberi kemudahan pelayanan informasi publik, diantaranya menyiapkan layanan permohonan informasi secara online berbasis website dan secara aktif menyampaikan informasi publik melalui website resmi instansi masing-masing.

Dia menyebut itu bisa diwujudkan dengan sinergi dan koordinasi baik antar bidang di lingkup OPD masing-masing. “PPID Pembantu tidak bisa bekerja baik tanpa dukungan bidang. Bidang yang harus mensuport data yang kemudian dikelola PPID Pembantu menjadi informasi publik,” sebutnya.

Karenanya pada kesempatan tersebut dia mewanti agar OPD membuang kebiasan buruk budaya menyimpan data. Kelakuan memnyimpan data harus ditinggalkan kalau mau maju. “Sebab sekarang eranya sudah terbuka,” tegasnya.

Dia menilai bila semua informasi publik yang ada disampaikan secara luas dapat meminimalisir permohonan informasi, termasuk terjadi sengketa informasi. Bila terbuka informasi yang dibutuhkan dengan mudah dapat diakses masyarakat.

“Bahkan kita bisa menolak memberikan informasi jika pemohon meminta informasi yang sudah disajikan di website. Kita bisa minta mereka mengakses informasinya melalui website. Makanya pengelolaan websitenya harus optimal didukung kelengkapan data bidang-bidang terkait,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023