2023 SAPRAS DPMPD Gelar KP-SPAM Juara
2023 SAPRAS DPMPD Gelar KP-SPAM Juara

Padang, Senin (13/3/2023) bertempat di hotel Ibis dalam helatan Focus Group Discussion, selain menghadirkan narasumber terkait Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, turut hadir best practice dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) membahas kiat Pemilihan KPSPAMS Pamsimas terbaik Tingkat Provinsi.

 

“Kami akan melaksanakan kegiatan “KP-SPAMS JUARA” yaitu lomba kelompok pengelola sarana penyediaan air minum sanitasi untuk memicu peningkatan pelayanan dan pengelolaan sarpras di Desa” Ungkap Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Elvis, M.Si mewakili kepala DPMPD Prov Kaltim.

 

Elvis menegaskan bahwa tujuan utama dari rencana KP SPAM juara ini adalah dalam rangka mendorong peningkatan kinerja KPSPAMS dalam pengelolaan SPAMS yang berkelanjutan di desa-desa Pamsimas serta sebagai wujud dukungan dan kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi secara berkelanjutan.

 

Sementara dalam paparan narasumber, untuk perencanaan penilaian KPASPAMS terbaik yang dilakukan di Provinsi Sumatera Barat adalah perlu untuk mempersiapkan indikator atau aspek-aspek penilaian, Dinas PMD Kabupaten/Kota bersama OPD terkait mempersiapkan beberapa calon KPSPAMS terbaik dari tingkat desa, kemudian ditingkat Kabupaten/Kota selanjutnya Kabupaten/Kota bersama OPD terkait mengusulkan 1 (satu) KPSPAMS terbaik ke tingkat Provinsi.

 

“yang dilakukan di Padang ini, ada jenjang pemilihan dari desa, kemudian kabupaten, baru ke tingkat provinsi, apakah kita akan melakukan hal yang sama, akan dibicarakan internal kembali” ungkap Elvis.

 

“namun untuk syaratnya saya kira harus memenuhi lima aspek, yaitu Aspek Teknis, Aspek Keuangan, Aspek Kelembagaan, Aspek Lingkungan dan Aspek Sosial” tambahnya

(DPMPD/humas)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023