250 Mahasiswa Unmul Ikuti KKN Tematik COVID-19
19 Agustus 2020 Admin Website Berita 683
250 Mahasiswa Unmul Ikuti KKN Tematik COVID-19

SAMARINDA – Sebanyak 250 orang mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tema “COVID-19” yang dilaksanakan Kementerian Pendidian dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Unmul Samarinda.

“17 Agustus 2020 kemarin sudah diluncurkan Kemendikbud. KKN Tematik akan dilaksanakan 17 Agustus 2020 hingga 17 September 2020. Ini program Kemendikbud RI yang akan dilaksanakan di tiga provinsi tujuan, yakni Kaltim, Kaltara, dan Majene,”sebut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unmul Samarinda, Anton Rahmadi, Rabu (19/8).

Menurunya, pelaksanaannya diikuti sebanyak 250 orang mahasiswa yang dibagi dalam 23 kelompok, yakni 21 kelompok di wilayah Kaltim, 1 kelompok wilayah Kaltara, dan 1 kelompok lainnya di Majene.

Sementara Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat (P2KPM-LP2M), Kiswanto meyebut program KKN Tematik diselenggarakan Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan berbagai stakeholders.

“Unmul melalui LP2M juga ikut berpartisipasi dalam KKN Tematik COVID-19 sebagai upaya gotong-royong dan peningkatan sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, masyarakat dan stakeholders hingga di tingkat kelurahan/desa dalam penanganan COVID-19,” ujar Kiswanto.

Dia menilai KKN Tematik menjadi bagian dari program KKN perguruan tinggi yang dapat diapresiasi dengan pengakuan kredit (SKS) dan sertifikat pengabdian masyarakat.

Pesertanya merupakan mahasiswa dari berbagai bidang yang dapat memilih salah satu dari tiga jenis KKN Tematik, yakni secara Daring, secara luring, dan Numerasi untuk murid SD (Luring atau Daring).

“Semua mahasiswa Unmul yang mendaftar menjadi peserta diarahkan untuk memilih kategori KKN Tematik COVID-19 secara Daring. Dan sebelumnya, mendapatkan pembekalan nasional pada pekan kedua Agustus, dan sekarang sudah mulai melaksanakan kegiatan KKN Tematik selama sebulan,”katanya.

Dalam teknis pelaksanaannya, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud menjadi penanggung jawab KKN Tematik secara Daring, sedangkan Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB menjadi penanggung jawab KKN Tematik luring.

Melalui KKN Tematik tersebut, lanjut Dosen Fakultas Kehutanan UNMUL ini, mahasiswa berkesempatan memberi sumbangsih dan inspirasi dalam proses percepatan penanganan COVID-19 sesuai penghayatan profesinya masing-masing serta menjadi kesempatan berkolaborasi secara interprofessional dan transprofessional.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, KKN Tematik bertujuan mengembangkan kapasitas, pengetahuan dan mendorong peningkatan kesadaran masyarakat dalam perubahan perilaku hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan komunitasnya.

“Sedangkan dari sisi pemberdayaan institusi  bertujuan untuk memperkuat kontribusi perguruan tinggi dalam penanganan COVID-19 sekaligus sebagai implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” pungkasnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 3
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 107179
Total Halaman Dikunjungi 858126
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 858126
Bulan ini : 7665
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021