Adaptasi BMC untuk Pengembangan Usaha Bumdes bisa Jadi acuan Awal Untuk Bangun Usaha
24 November 2020 Admin Website Berita tentang Desa 6791
Adaptasi BMC untuk Pengembangan Usaha Bumdes bisa Jadi acuan Awal Untuk Bangun Usaha

Sangatta, DPMPD Prov. Kaltim melalui Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA dan TTG melakukan sosialisasi, monitoring, dan evaluasi  perkembangan badan usaha mili desa dengan tema mengembangkan potensi lokal melalui bumdesa sebagai penggerak perekonomian desa.Acara terselenggara di ruang rapat DPMDesa Kab. Kutai timur pada hari Selasa 24 november 2020.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, Wenadianto. beliau berpesan bahwa keberadaan Bumdes begitu penting karena bertujuan untuk membangun perekonomian desa.

"kami harap kegiatan seperti ini dilakukan terus menerus, dan tentu lain kali kami akan hadirkan aparatur desa, bumdes kab. kutai timur. kita ingin bumdes sebagai penggerak ekonomi desa" ujarnya.


Kepala Seksi Usaha Ekonomi Masyarakat DPMPD Kaltim didapuk menjadi moderator kegiatan ini. Narasumber yang hadir adalah Direktur Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU) Kota Samarinda Khairul Fadly. Pada presentasinya, menjelaskan tentang mengadaptasi BMC untuk pengembangan bumdes. "BMC itu Business Model Canvas, sebuah metode untuk blue print usaha. Dalam membuat usaha, kita harus tahu mau usaha apa, bagaimana cara kita berpromosi, berapa banyak SDM yang kita miliki, hingga goal atau tujuan yang ingin didapat" ujar fadly

"Goal/ tujuan usaha itu harus jelas, hingga kita bisa menentukan cara cara apa yang dilakukan untuk mencapai goal tersebut, semakin matang perencanaan, semakin punya peluang untuk mencapai goal tersebut". jelasnya

Peserta pada kegiatan ini dari Desa Tanjung Mangkalihat, Sandaran, Spaso, keraitan, dan beberapa desa lainnya di Kab. kutai timur (dpmpd/yadi)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 20 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023