Akses Jalan Dua Kampung Kecamatan Bongan Lumpuh Total
08 Maret 2020 Admin Website Berita 7575
Akses Jalan Dua Kampung Kecamatan Bongan Lumpuh Total

SAMARINDA -- Masyarakat Kampung Tanjung Soke dan Kampung Gerunggung, Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat terisolasi. Akses jalan dua kampung paling ujung Kecamatan Bongan tersebut lumpuh total setelah beberapa jambatan yang dibuat warga rusak parah.

"Begini kondisi jalan di tempat kami. Lumpuh total ada beberapa jembatan yang bolong. Bahkan ada satu jembatan dengan ketinggian 5 meter dan lebar 6 meter yang putus sama sekali tidak bisa dilewati," sebut Sekretaris Kampung Tanjung Soke, Asrani ketika memberikan keterangan melalui pesan Whatsapp, Minggu (8/3) pagi. 

Kemudian diperparah ada tanah longsor yang menutupi badan jalan sehingga tidak bisa dilewati sama sekali oleh kenderaan roda empat. Jalanan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, itu pun kendaraan yang dimodifikasi. 

Akibatnya warga masyarakat sangat terpukul dengan kondisi ini. Mereka kesulitan memasok makanan dan kebutuhan pokok lain yang masih didatangkan dari kampung lain seperti dari Kampung Resak.

Termasuk menjalankan roda pemerintahan yang semakin hari semakin padat dan banyak. "Apalagi di bulan September ini kami akan melaksanakan Pilkada Kubar. Jangankan mengangkut logistik pemilu, untuk urusan melaksanakan tahapan pemilu saja sudah susah," keluhnya. 

Untuk itu dia mewakili masyarakat Tanjung Soke dan Gerunggung mohon perhatian kepada pihak terkait dan berkepentingan agar kiranya dapat memperhatikan satu-satu akses jalan untuk masyarakat dayak tertua di Kaltim ini.

"Karna kami juga masyarakat Kubar juga masyarakat Kaltim. Sama berhak untuk diperhatikan seperti orang yang di kota sana," pintanya. 

Menurutnya kondisi akses jalan dari dan menuju Kampung Tanjung Soke dan Kampung Gerunggung sejak dulu dalam kondisi kurang laik. Masih berupa jalan tanah tanpa pengerasan dan cenderung berlumpur saat turun hujan.

Kemudian terdapat beberapa jembatan yang ada hanya dibuat menggunakan batang kayu glonggongan berukuran besar. Tidak jarang pengemudi kendaraan roda empat yang naas tergelincir keluar dari jembatan.

Seperti rombongan Biro Humas Setprov Kaltim, Dewan Daerah Perubahan Iklim, bersama wartawan yang melakukan kunjungan jurnalistik Forest Carbon Partnership Fasility (FCPF) Carbon Fund.

Beberapa mobil lapangan yang digunakan terpatak di lumpur dan salah satu diantaranya nyaris masuk jurang akibat tergelincir di jembatan kayu.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023