Anwar dampingi PJ Gubernur dalam lawatan ke Destinasi Negeri di Atas Awan

icon - In Berita By PRANATA HUMAS DPM PEMDES KALTIM    icon 4775

Anwar dampingi PJ Gubernur dalam lawatan ke Destinasi Negeri di Atas Awan

Paser. Kepala Dinas Pembardayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur hadir mendampingi Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dalam lawatannya ke Destinasi Wisata Gunung Boga/Negeri di Atas Awan Minggu (19/11/2023 yang terletak di Kabupaten Paser.

 

 

Dalam kunjungannya Akmal sangat terpukau dengan keindahan alam Desa Luan tersebut. Menurutnya, ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan, namun tetap harus ada persiapan dalam hal fasilitas dan sarana prasarana penunjang lainnya, termasuk listrik, ketersediaan air bersih dan infrastruktur. Ia berpesan kepada Bupati Paser yang turut mendampingi agar berkolaborasi dengan pihak swasta dalam membangun destinasi tersebut. 

 

 

Senada dengan Pj Gubernur, kepala DPMPD Anwar Sanusi siap melakukan pembinaan kepada pengelola Destinasi Wisata negeri di atas awan tersebut melalui Badan Usaha Milik Desa Lusan.

 

 

“Kedepannya, DPMPD siap melakukan pendampingan kepada pengelola Bumdes agar mendapatkan legalitas badan hukum dari MENKUMHAM serta ada Peningkatan SDM bagi Pengurus Bumdes tentang Manajemen Pengelolaan Wisata” ujar Anwar.

 

 

Menurutnya, kehadiran Destinasi Negeri di Atas Awan atau Gunung Boga ini memberikan dampak peningkatan perekonomian warga Desa Luan. Agar destinasi wisata ini dapat berkelanjutan, maka diperlukan keterlibatan semua pihak, baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun pihak perusahaan (CSR).

 

 

“tadi saya dengar pak Gubernur telah memiliki beberapa rencana untuk mengangkat potensi wisata ini, salah satunya akan bergotong royong Bersama Masyarakat Desa Luan menanam seribu bibit pohon pinus di kaki Gunung Embun” tambah Anwar.

 

 

“saya pikir perlu dikembangkan dengan menanam beberapa tanaman buah dengan kerjasam OPD terkait misalnya dengan Dinas Perkebunan, Dinas kehutanan dan dinas Pariwisata. Semoga destinasi wisata gunung ini bisa dikenal di seluruh Nusantara lah” tutupnya.

 

 

Turut hadir dalam kunjungan Minggu pagi itu, Bupati Kabupaten Paser, Sekda Kabupaten Pasar, Asisten 1 Setda Prov Kaltim, Direktur IPDN Wilayah Manado, Ka. Bapenda Prov. Kaltim, Forkompinda Kabupaten Paser, Camat Muara Samu serta Kepala Desa Luan. (DPMPD-Humas)