Anwar Sanusi : Sekali Lagi Saya Akan Mengundang Desa Demi Kemajuan Desa/Kampung
13 Juli 2023 Arif Maulana Berita 4838
Anwar Sanusi : Sekali Lagi Saya Akan Mengundang Desa Demi Kemajuan Desa/Kampung

BALIKPAPAN -- Penyelenggaraan Pelatihan Aparatur Desa dan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa/Kampung (BPD/K) yang dihelat 10-14 Juli resmi ditutup Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi, di Balikpapan, Kamis (14/7/2023).

 

Pada kesempatan itu dia mengaku akan kembali mengundang desa/kampung diberbagai kegiatan provinsi guna mendukung percepatan pengentasan desa berstatus tertinggal di Provinsi Kaltim.

 

"Sekali lagi, saya akan mengundang Desa demi kemajuan Desa/Kampung. Mudahan kalau di undang lagi datang," ujar Anwar Sanusi saat memberi arahan pada penutupan kegiatan.

 

Menurutnya berbagai kegiatan yang diselenggarakan DPMPD merupakan penjabaran rencana strategis DPMPD Kaltim 2019-2023. Golnya bagaimana desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal meningkat minimal menjadi berkembang.

 

Mengingat berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM)   Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2022 masih terdapat 17 desa berstatus tertinggal di Kaltim.

 

Ini menjadi target yang harus dientaskan hingga akhir 2023 mendatang dari kondisi awal terdapat 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal pada 2019.

Seperti pelaksanaan Pelatihan Aparatur Desa dan Peningkatan Kapasitas BPD, tujuan dari Pemerintah Provinsi guna meningkatkan kualitas Pembangunan Wilayah Perdesaan terkhusus status IDM Desanya yang masih tertinggal dan sangat tertinggal sehingga dapat menjadi berkembang, maju hingga menjadi Desa mandiri secara merata.

 

Termasuk Sumber Daya Manusia khususnya pemerintahan desa menjadi sangat penting mengingat perannya sebagai ujung tombak pembangunan.  "Oleh karena itu saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya dan terima kasih sebesar-besarnya kepada saudara/i yang telah hadir dan mengikuti forum pelatihan ini dengan baik," akunya.

 

Terlebih kegiatan cukup padat dilaksanakan seharian penuh dari pagi sampai sore. " Semoga semua sehat. Terima kasih sudah bersedia berlelah lelah mengikuti kegiatan yang cukup padat pagi sampai sore setiap hari," timpalnya.

 

Kepada para pemateri dia mengucapkan terimakasih atas perkenanya meluangkan waktu dan fikirannya. Semoga kata dia, ilmu yang disampaikan menjadi ladang amal ibadah.

 

Penutupan Pelatihan Aparatur Desa dan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa/Kampung (BPD/K) ditandai penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pemateri dan perwakilan peserta masing-masing kelas. Termasuk diberikan penyampaian pesan dan kesan peserta perwakilan kelas aparatur desa dan kelas BPD/K.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023