Anwar Sebut DPMPD Provokator Pembangunan Desa dan Kelurahan
27 September 2022 Arif Maulana Berita 227
Anwar Sebut DPMPD Provokator Pembangunan Desa dan Kelurahan

SAMARINDA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi menyebut instansi yang dipimpinnya sejak 3 Agustus 2022 ini sebagai provokator pembangunan desa dan kelurahan.

 

Mendorong serta menggerakkan desa dan kelurahan agar melaksanakan pembangun yang sesuai dengan arah kebijakan pembangunan daerah dan nasional. Selaras dengan kebutuhan dan kondisi daerah masing-masing .

 

"Tidak ada yang bisa kita berikan selain ilmu. Ilmu yang bermanfaat mewujudkan pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat," ujar Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi saat membuka Pelatihan Peningkatan Peranan Kapasitas SDM (KPM dan Pokmas) Provinsi Kaltim tahun 2022, Aula Kantor Camat Samarinda Ilir, Selasa (27/9/2022).

 

Karenanya dia berharap peserta memanfaatkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan keberdayaannya ikut terlibat dalam pembangunan, mulai proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pelaksanaannya.

 

"Artinya yang diberi bukan uang atau barang, tapi ilmu yang bisa menghasilkan uang atau barang," timpalnya.

 


Meski begitu, dia mengaku sudah membuat program one village one laptop atau satu desa satu laptop dalam rangka mendukung percepatan pembangunan desa dan kelurahan.

 

Pelaksanaannya DPMPD akan memberikan hadiah laptop bagi desa dan kelurahan berprestasi yang dianggap berhasil dalam memajukan daerah.

 

"Tahun 2023 akan coba buatkan Award Village sebagai event pemberian penghargaan bagi desa dan kelurahan berprestasi. Kepala desa atau lurah atau anak kampung yang punya potensi dan berprestasi, serta mampu membuat terobosan dalam meningkatkan potensi daerahnya itu yang kita beri hadiah," katanya.

 

Ketua Panitia Noor Fathoni melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Helvin Syahruddin kegiatan bertujuan mendorong prakarsa pemberdayaan masyarakat dalam proses pembangunan mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

 

"Melalui kegiatan pelatihan diharap mampu dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di wilayahnya. Kemudian diharap mampu mengembangkan kapasitas, mampu mengidentifikasi masalah, serta mampu mengembangkan prakarsa dan gotong royong dalam pemberdayaan masyarakat pembangunan," sebutnya.

 

Kegiatan diikuti peserta dari pokmas, KPM, LPM, Karang Taruna, dan aparat kelurahan. Hadir sebagai narasumber Ketua Forum KPM MR Imam Subarka dan Dosen Polnes Samarinda Wulan Kristin.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 420
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1622
Total Pengunjung 157830
Total Halaman Dikunjungi 1405493
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405493
Bulan ini : 1622
Hari ini : 1622

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021