Balikpapan Lokasi Perdana Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD

icon - In Berita By Arif Maulana    icon 6727

Balikpapan Lokasi Perdana Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD

BALIKPAPAN -- Kota Balikpapan menjadi lokasi perdana pelaksanaan verifikasi lapangan (verlap) penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung dan Kelurahan tingkat Provinsi Kaltim 2021.

 

Verlap perdana ini dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin bersama Ketua Tim Eka Kurniati yang Sekretaris DPMPD Kaltim.

 

"Verlap betujuan untuk melihat kesesuaian berkas yang dikumpulkan dengan kondisi lapangan. Tingkat kesesuaian masing-masing daerah menjadi tolok ukur kita menetapkan yang terbaik dari yang terbaik, " kata Iyad sapaan akrab M Syirajudin saat melakukan Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD tingkat Provinsi Kaltim 2021, di Balikpapan, Senin (25/10).

 

Lebih lanjut, verlap merupakan tahapan lanjutan penilaian panji. Sebelumnya tim telah melakukan seleksi administrasi kelengkapan berkas indikator penilaian yang ditetapkan.

 

Kelengkapan berkas, kesesuaian penyusunan berkas, hingga ketepatan pengumpulan berkas sesuai batas waktu ditetapkan menjadi dasar menetapkan kabupaten/kota yang lolos masuk tiga besar untuk tahap lanjutan.

 

Mereka yang lolos tiga besar dimaksud kemudian dilakukan penilaian berupa verlap dengan melibatkan segenap tim penilaian perwakilan bidang-bidang lingkup DPMPD Kaltim.

 

"Jadi sebenarnya yang sudah masuk tiga besar sudah juara. Tinggal kita menetapkan peringkat satu, dua, dan tiga setiap kategorinya. Panji PMD ada dua kategori, yakni kategori desa/kampung dan kategori kelurahan, " katanya.

 

Untuk diketahui dari 10 kabupaten/kota yang masuk peringkat tiga besar masing-masing Paser, Kutai Kartanegara, Berau untuk kategori desa/kampung serta Balikpapan, Samarinda, Bontang untuk kategori kelurahan.

 

Panji keberhasilan pembangunan bidang PMD sendiri merupakan penghargaan yang diberikan Pemprov Kaltim sebagai apresiasi atas komitmen dan keberhasilan pembangunan bidang PMD. Penghargaan diberikan setiap tahun dalam rangka peringatan HUT Pemprov Kaltim pada 9 Januari.(DPMPD Kaltim/arf)