Bantuan Keuangan Provinsi Bersifat Khusus
25 Januari 2021 Admin Website Berita 9626
Bantuan Keuangan Provinsi Bersifat Khusus

SAMARINDA – Bantuan keuangan provinsi bagi 841 desa se Kaltim disebut bersifat khusus yang penggunaannya dapat dipilih sesuai urgensi dan kebutuhan yang merupakan kewenangan desa. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kasmawati, di Samarinda, Senin (25/1).  

“Sesuai Surat Gubernur Kaltim perihal penyampaian rincian bantuan keuangan provinsi kepada pemerintah daerah tahun 2021, bantuan keuangan dapat digunakan untuk penyelenggaraan Posyandu. Mulai dari makanan tambahan, kelas ibu hamil, kelas lansia,  dan keguatan lain pendukung penanganan stunting,”ujarnya.

Kemudian pemeliharaan sarana prasarana Posyandu dan pembangunan/rehabilitasi/peningkatan/pengadaan sarana/prasana Posyandu. Meski demikian dana bantuan keuangan Rp50 juta per desa dimaksud tidak diperkenankan digunakan untuk memberikan insentif kader Posyandu maupuan lembaga kemasyarakat lain yang sifatnya bulanan.

Selain itu, bantuan keuangan tersebut juga dapat digunakan untuk pembinaan LPM, pembinaan PKK, pelatihan pembinaan Lembaga Kemasyarakatan, pembinaan karang taruna, klub kepemudaan, klub olahraga, dan pelatihan pengenalan Teknologi Tepat Guna untuk perikanan darat/nelayan,pelatihan pengenalal Teknologi Tepat Guna untuk pertanian dan peternakan.

Peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa, pelatihan/penyuluhan pemberdayaan perempuan, pelatihan/penyuluhan perlindungan anak, pelatihan dan penguatan penyandang difabel, pengadaan Teknologi Tepat Guna untuk pengembangan ekonomi perdesaan non pertanian, dan pembentukan/pelatihan kelompok usaha ekonomi produktif.

“Ini sifatnya hanya penyampaian rinciannya. Sedangkan teknis penggunaannya akan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Gubernur dan Keputusana Gubernur Kaltim yang masih dalam tahap proses,”sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023