Belum Penuhi Kuota, Input DTKS Kabupaten/Kota Penerima Bantuan Sosial Provinsi
05 Mei 2020 Admin Website Berita 6718
Belum Penuhi Kuota, Input DTKS Kabupaten/Kota Penerima Bantuan Sosial Provinsi

SAMARINDA -- Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima bantuan kesejahteraan sosial yang diinput kabupaten/kota se Kaltim disebut belum memenuhi kuota yang terdata sebesar 102.005 Kepala Keluarga (KK).

"Berdasarkan informasi yang diterima, bahwa total data DTKS seluruh kabupaten/kota 102.005 KK. Dan dari hasil rapat bersama Dinsos kemarin baru berkisar 60.000 KK yang sudah diinput," sebut Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menjadi pembicara Diskusi Online KA KAMMI Kaltim, Sabtu, (2/5).

Persoalan manajemen data, sambung Jauhar menjadi perhatian serius. Karena jumlah yang diajukan dan jumlah penerima tidak sama.

Oleh karena itu dalam penyaluran bantuan sosial terhadap masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 ini pemerintah akan memperbaiki manajemen data lebih baik lagi.

Bagi pihak yang mengumpulkan data juga tidak boleh orang yang memiliki kepentingan tertentu. Karena untuk penerima DTKS ada 14 kriteria, terutama masyarakat yang di PHK.

"Dari provinsi telah melakukan upaya misalnya dari sektor UMKM, pariwisata, kelautan, seni dan budaya yang terdampak untuk mengkroscek datanya dengan melibatkan Diskominfo, Dinas Pendudukan dan Perlindungan Anak, agar masing-masing sektor menginput data agar tidak ada yang terdobel," katanya.

Pemprov juga tidak bisa menunggu data masuk terlalu lama, karenanya seberapapun data yang masuk akan disiapkan SK yang merima bantuan.

Dengan mekanisme bantuan non tunai, dan dari perbankan akan menyiapkan kartu penerima. Hal tersebut dilakukan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

"Saat ini Pemprov Kaltim sedang melakukan kroscek apakah data-data yang diusulkan oleh Pemkot dan Pemkab se Kaltim tidak ada yang ganda. Dengan mengkroscek NIK dan Nomor Induk kepegawaiannya, karena penerima bantuan ganda saat ini dilarang," tegasnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 20 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023