Berau Terapkan Penyusunan RPJMK Dengan Pendekatan SIGAP
22 Februari 2018 Admin Website Berita 7182
Berau Terapkan Penyusunan RPJMK Dengan Pendekatan SIGAP

MARATUA– Pemkab Berau kembali menerapkan pendekatan Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan (SIGAP) dalam proses perencanaan pembangunan desa atau kampung di wilayahnya. Kali ini Berau mencoba menerapkannnya dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK).

“Ini dalam rangka penyusunan RPJMK dengan pendekatan SIGAP. Cakupannya se Kecamatan Maratua,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi via pesan elektronik, Kamis (22/2).

Menurutnya, penyusunan RPJMK dengan pendekatan SIGAP baru kali pertama diterapkan. Karenanya Pemkab Berau melalui DPMPK menggandeng DPMPD Kaltim, dan LSM Non Profit TNC selaku pengembang aplikasi SIGAP, serta Pemerintah Kecamatan Maratua menggelar pelatihan penerapan penyusunan RPJMK dengan pendekatan SIGAP, 22 – 25 Pebruari, di Kecamatan Maratua.

Sasarannya untuk melihat perkawasan pembangunan se Kecamatan karena pendekatan perencanaan pembangunan SIGAP dilakukan dengan pendekatan potensi, bukan dengan pendekatan masalah.

“Yang jelas kita ingin mengetahui sampai sejauhmana dinamika yang muncul dari peserta pelatihan ini,” sebutnya.

Setelah ini Jauhar berharap terobosan yang dilakukan di Kecamatan Maratua tersebut juga diikuti kecamatan lain di Kabupaten Berau dan kedepannya diikuti seluruh desa di Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023