Biro Ekonomi - Diskominfo Siapkan Aplikasi Pelaporan Program PCPF
23 April 2019 Admin Website Berita 7017
Biro Ekonomi - Diskominfo Siapkan Aplikasi Pelaporan Program PCPF

SAMARINDA -- Pemprov Kaltim melalui Biro Ekonomi Setprov Kaltim dan Diskominfo Kaltim merespon cepat tantangan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim agar OPD Kaltim menunjukan komitmennya mendukung program penurunan karbon FCPF kerjasama Pemerintah RI - Bank Dunia yang dilaksakanan di wilayah Kaltim.

Tindaklanjutnya dengan menyusun Rancangan Pergub Kaltim yang mengatur tentang penyediaan akses pelaporan pemantauan pengaduan terkait pelaksanaan Program FCPF  berbasis website yang diberi nama Aspirasi Etam Kaltim.

"Ini berupa dhasbord pemantauan pelaporan. Secara umum sebagai layanan pengaduan masyarakat yang disiapkan pemprov. Tapi kita sengaja siapkan satu jendela khusus kalau ada pengaduan terkait FCPF," kata Kasubag Kehutanan, Lingkungan Hidup, dan Perkebunan Biro Ekonomi Setprov Kaltim, Istico Tauhid Jati saat menghadiri rapat lanjutan persiapan pelaksanaan Program FCPF, di Hotel Midtown Samarinda, Selasa (23/4).

Dia berharap dukungan tersebut membantu memudahkan proses pelaporan pelaksanaan program FCPF sebagai bentuk pertanggung jawaban pencapaian penurunan emisi karbon hingga 2023 mendatang.

Kemudian menjadi dasar Kaltim mendapat insentif dari Bank Dunia atas kerja-kerja mengantisipasi perubahan iklim melalui program adaptasi dan mitigasi penurunan emisi karbon gas rumah kaca.

 Lebih lanjut, layanan tersebut diharap menjadi layanan pengaduan masyarakat yang dapat digunakan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

"Nantinya masyarakat bisa melakukan pengaduan disini. Tidak hanya khusus FCPF. Masyarakat bisa bebas menyampaikan pengaduan dengan didahuli membuat akun user akses website," terangnya.

Kemudian aduan masyarakat tersebut diteruskan kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk ditindaklanjuti. "Pergubnya sedang kita proses. Setelah ini kita akan sosialisasi ke OPD lingkup Kaltim," katanya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023