Bongkar Habis, Rahasia Pengembangan Desa Wisata Pentingsari
31 Maret 2021 Arif Maulana Berita 6671
Bongkar Habis, Rahasia Pengembangan Desa Wisata Pentingsari

SLEMAN -- Kunjungan kerja jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berlanjut ke Desa Wisata Pentingsari, di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Rabu (31/3).

Pada kesempatan ini Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin membongkar habis rahasia
pengembangan Desa Wisata Pentingsari yang menjadi rekomendasi Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Ingin tahu secara detail apa saja yang menjadi daya tarik. Dan bagai pengelolaannya. Meskipun maaf ini menjadi rahasia rumah tangga Desa Wisata Pentingsari, tapi informasi inilah yang akan kita bawa pulang ke Kaltim, " kata M Syirajudin saat berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari.

Selain itu DPMPD lebih ingin lihat bagaimana keterlibatan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata, sehingga bisa dtetapkan sebagai Desa Wisata di Sleman oleh Kemenparekraf.

Termasuk keterlibatan DPMD setempat dalam pengembangan Desa Wisata untuk diadopsi di Kaltim. Meskipun kenyataannya berdasarkan penuturan Kepala Desa Umbulharjo koordinasi pengembangannya lebih banyak dengan Dinas Pariwisata.

Sementara Sekretaris DPMPD Kaltim Surono menyebut melalui kunjungan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat sehingga tahu potensinya bisa dimanfaatkan sebagai wisata.

"Semoga kedua lokasi kunjungan kerja ini memberi banyak informasi untuk mengembangkan Desa Wisata di Kaltim," harapnya.

Terlebih informasi Lurah Umbulharjo menyebut keberadaan desa wisata tersebut mengangkat nama desa secara nasional dan internasional, maupun mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kunjungan kali ini lebih diarahkan mengikuti paket wisata yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari. Diawali melihat produksi Kopi Madu Merapi, main musik gamelan, melihat pengembangan aneka tanaman pertanian dan tanaman hias, hingga berdiskusi bersama.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 4 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023