Bontang Penutup Rangkaian Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD 2021
03 November 2021 Arif Maulana Berita 6764
Bontang Penutup Rangkaian Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD 2021

BONTANG-- Kota Bontang menjadi lokasi penutup rangkaian panjang verifikasi lapangan (verlap) penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung dan Kelurahan tahun 2021.

 

Bontang merupakan nominasi tiga besar penilaian panji bidang PMD kategori kelurahan bersama Kota Balikpapan dan Kota Samarinda yang sudah lebih dahulu diverifikasi lapangan.

 

"Ini penutup rangkaian panjang verlap kita. Setelah ini tim akan rapat internal menetapkan terbaik 1-3 untuk kategori desa/kampung dan kategori kelurahan. Terbaik 1 setiap kategorinya akan diberikan Panji Keberhasilan Pembangunan bidang PMD, " ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) Kaltim M Syirajudin diwakili Sekretaris Eka Kurniati saat memimpin verlap di Kota Bontang, di Pendopo Walikota Bontang, Rabu (3/11). 

 

Dia berharap seluruh tahapan penilaian panji berjalan lancar. Dan menghasilkan kabupaten/kota yang memang berhasil dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/kampung dan kelurahan. 

 

Mengingat pemberian panji keberhasilan pembangunan merupakan apresiasi Pemprov Kaltim bagi kabupaten/kota yang punya komitmen kuat mewujudkan amanat UU No6 tahun 2014 tentang Desa. 

 

"Tentunya tidak hanya punya komitmen, tapi berhasil dalam membangun dan mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa, " timpalnya. 

 

Sejalan dengan itu, dia mengaku akan membahas lebih rigid terkait indikator penilaian panji pada tahun depan. Semua bidang harus mampu menginterpretasikan capaian keberhasilan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. 

 

Diantaranya memberi nilai lebih bagi kabupaten/kota juara lomba tingkat provinsi dan terlebih berhasil juara nasional. "Kalau sudah juara nasional berarti bagus. Nilainya juga harus bagus, " tegasnya.

 

Kunjungan Tim Verlap diterima Asisten Pemerintahan dan Kesra M Bahri, Kabag Pemerintahan Surianto, dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah terkait lingkup Kota Bontang. 

 

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan secara simbolis berkas profil kelurahan Kota Bontang dari Asisten Pemerintahan dan Kesra M Bahri ke Sekretaris DPMPD Kaltim Eka Kurniati. 

 

Untuk diketahui verlap merupakan tahapan lanjutan penilaian dalam rangka pemberian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang PMD tahun 2021.

 

Pemberian panji akan dilakukan bagi kabupaten/kota terbaik pertama yang akan diserahkan saat Upacara HUT Pemprov Kaltim ke 65, pada 9 Januari 2022. 

 

 

Pada HUT ke 64 tahun 2021 Panji Keberhasilan PMD 2020 kategori desa diraih Kabupaten Berau (Terbaik I), Kutai Kartanegara (Terbaik II), dan Paser (Terbaik III). Sedangkan kategori kelurahan diraih Bontang (Terbaik I), Balikpapan (Terbaik II), dan Berau (Terbaik III). (DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023