BP2MD2T2 – DPMPD Bakal Kolaborasi Gelar Expo BUMDes 2022
07 Desember 2021 Arif Maulana Berita 6176
BP2MD2T2 – DPMPD Bakal Kolaborasi Gelar Expo BUMDes 2022

SAMARINDA – Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BP2MD2T2) Banjarmasin bakal berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim bakal berkolaborasi menggelar Expo BUMDes 2022. Kegiatan akan membantu mamasyarakatkan produk unggulan BUMDes yang eksis di Provinsi Kaltim.

 

“Ini pelaksanaan kedua. Pelaksanaan pertama di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kita berharap ada sharing dana dengan Kaltim untuk pelaksanaannya untuk menggelorakan BUMDes Kaltim,” ujar Kepala BPPMD2T2 Banjarmasin Budi Rustanto saat berkunjung ke Kantor DPMPD Kaltim, Samarinda, Selasa (7/12).

 

Pelaksanaan Expo BUMDes Kaltim diyakini akan lebih meriah ketimbang pelaksanaan sebelumnya. Sebab produk unggulan BUMDes Kaltim terbilang banyak dan bervariasi. Ia menyaksikan sendiri saat perhelatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kaltim 2021 yang melibatkan pelaku BUMDes Kaltim.

 

Lebih lanjut, pelaksanaan Expo BUMDes secara bertahap akan digilir diseluruh provinsi se Kalimantan. Dengan demikian BUMDes di Provinsi Kalimantan bisa semakin bersaing secara nasional, bahkan internasional.

 

Selain menyampaikan usulan pelaksanaan Expo BUMDes Kaltim, mereka juga menyampaikan rencana program pelatihan masyarakat bagi Provinsi Kaltim tahun 2022. BPPMD2T2 Banjarmasin merencanakan pelaksanaan peningkatan kapasitas BUMDes di Kabupaten Berau, Kutim, dan Paser.

 

Prioritas peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDes terkait pemasaran dan lain-lain, serta terkait desa wisata.

 

Menyikapi itu Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin menyambut baik tawaran penyelenggaraan Expo BUMDes tersebut. “Nanti akan kita koordinasikan dengan PT Pertamina, Bank Indonesia, dan Bankaltimtara sebagai mitra BUMDes dan UMKM untuk ikut mendukung pelaksanaan Expo BUMDes Kaltim,” katanya.

 

Iyad sapaan akrab M Syirajudin menyebut berkaca pengalaman pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Kaltim 2021 di pusat keramayan atau tepatnya Mall, dia ingin Expo BUMDes mendatang juga dilaksanakan di Mall.

 

“Targetnya bagaimana masyarakat kenal dan meminati produk BUMDes. Dan tentunya ada teransaksi untuk meningkatkan ekonomi desa,” tegasnya.

 

Sebagai penunjang, pelaksanaannya juga diharap menghadirkan jajaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). BPPMD2T2 Banjarmasin sebagai perpanjangan tangan Kemendes PDTT diharap mengkoordinasikan hal tersebut.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023