BPMPD Kaltim Gelar TTG Ke-3
21 Juli 2015 Admin Website Berita 2459
BPMPD Kaltim Gelar TTG Ke-3

SAMARINDA - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, pada 29-31 Juli 2015 nanti melaksanakan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-3 Tingkat Provinsi Kaltim.

Kegiatan akan dihelat di Gedung Expo Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangata, Kutim. Temanya "Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna, kita tingkatkaan daya saling dan kreativitas masyarakat menuju kemandirian".

   Kabid TTG BPMPD Kaltim Surya Dharma Herman menjelaskan,potensi berbasis kearifan local di Kaltim sangat beragam,seperti di sector kehutanan,pertanian,perikanan,perkebunan,pertambangan, dan lain-lain. Dari potensi yang ada ini,kemudian muncul ide-ide kratif masyarakat membuat alat untuk mengolah pontensi tersebut .”Alat-alat inilah yang disebut dengan TTG"

  Sebenarnya ada ratusan TTG hasil kreasi masyarakat, namun hanya satu yang di pilih terbaik mewakili setiap kabupaten/kota yang kemudian di tampilkan di gelaran TTG ke-3 kali ini.Gelaran TTG dimaksud sebagai potensi untuk mengembangkan masyarakat dengan menerapkan pemanfaatan sumber daya alam dan ramah lingkungan,hemat,serta mudah digunakan dan mudah dirawat oleh masyarakat.

  Pengembang dan penerapan TTG  akan di efektif dan efisien dan dapatmeningkatkan ekonomi masyarakat jika pengelolaannya di lakukan secara konsisten terarah,terintegrasi,terpadu dan sesuai  dengan kebutuhan.

  Melalui TTG ini lanjutnya,diharapkan memberi  informasi dan pengetahuan yang lebih kepada masyarakat pada akhirnnya, masyarakat mudah menetapkan pilihan teknologi, sesuai pemanfaatan dan kemampuan,sehingga meningkatkan kualitas dan kapasitas kehidupan.

  Pada saat gelar TTG nanti selain menampilkan peserta didik terbaik dari 10 kabupaten/kota se-kaltim. Juga diramaikan beberapa SKPD tingkat kaltim, universits negeri dan swasta serta sekolah kejuruan se-Kaltim. Juga akan dilaksanakan lokakarya TTG yang menghadirkan narasumber dari Ditjen PMD Kemendagri dan Direktur Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Ditjen PMD Kemendagri.(*/nus/dwa/k11)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 370
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1242
Total Pengunjung 182903
Total Halaman Dikunjungi 1650427
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1650427
Bulan ini : 27694
Hari ini : 1242

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021