BPMPD Kaltim Miliki Website Berbasis Kinerja
10 Januari 2017 Admin Website Berita 10153
BPMPD Kaltim Miliki Website Berbasis Kinerja

Samarinda, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kalimantan Timur, menjadi SKPD pertama di provinsi ini yang memiliki website intern berbasis kinerja, di luar web bpmpd.kaltimprov.go.id yang bisa diakses oleh publik, yakni sipeka.bpmpdkaltim.com.

"Website khusus sebagai proyek perubahan internal ini bernama SIPEKA" yang merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat", ujar Kepala Sub Bagian Perencanaan Program BPMPD Prov. Kaltim Esthi Susila Rini.

Menurutnya, ketersediaan data dan informasi yang akurat sangat diperlukan dalam menentukan langkah kebijakan yang akan diambil dalam penyusunan kerja setiap tahun, yakni untuk mencapai target yang ditelah ditetapkan dalam visi dan misi pemprov. kaltim.

Keakuratan data dan informasi yang dimiliki oleh Sub. Bagian Perencanaan Program, lanjutnya, jelas berpengaruh besar pada perencanaan organisasi yang lebih baik sehingga mampu mencapai visi dan misi yang ditelah ditetapkan.

Terkait dengan itu, maka pihaknya membuat website intern  demi perubahan dengan isi strategik (arah kebijakan organisasi). Melalui web ini, maka setiap data dan informasi per bidang langsung masuk dalam satu jaringan demi perencanaan program yang jelas dan terarah.

"Penetapan sub bagian perencanaan sebagai area perubahan dalam rangka optimalisasi data dan informasi, dilakukan sebagai upaya penyelenggaraan program serta kegiatan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Prov. Kaltim"katanya.

Perubahan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja serta mendukung pelaksaan program dan kegiatan BPMPD Kaltim yang berkaitan langsung dengan isu mengurangi angka kemiskinan, terutama melalui program pemberdayaan masyarakat desa.

Tujuan jangka pendek web ini adalah untuk memnuhi kebutuhan data yang akurat dan terkini sebagai pendukung dalam pengambilan kebijakan dalam penyusunan rencana kerja BPMPD Kaltim sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan program.

Sedangkan tujuan jangka panjang adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja SDM melalui penerapan informasi teknologi (IT), dalam rangka pengelolaan data BPMPD sekaltim.

Menurutnya, aplikasi web ini sudah dilakukan uji coba ada 1-2 september. Setelah berhasil, kemudian pada 5 september dilakukan sosialisasi kepada bidang bidang di BPMPD Kaltim untuk dimanfaatkan. Selanjutnya pada 8 september resmi dilakukan penerapan "SIPEKA".

Ia melanjutkan, ruang lingkup dalam melaksanakan proyek perubahan ini adalah sub bagian perencanaan BPMPD kaltim, dengan memberikan pelayanan berupa informasi data pemberdayan masyarakat dan pemerintahan desa.

diharapkan melalui sistem ini, data BPMPD kaltim dapat lebih tersusun dengan baik dan selalu terbarukan, sehingga dapat mendukung dalam penyusunan program rencana kerja setiap tahun dan mampu mendukung pengentasan kemiskinan.

Sedangkan proses pelaksanaan proyek perubahan ini antara laon pengumpulan data dari masing masing bidang, pengolahan data oleh tim, penginputan data oleh tim perubahan, pembuatan dan penerapan aplikasi sipeka, dan evaluasi sipeka.

 

aplikasi sipeka bisa dilihat di http://sipeka.bpmpdkaltim.com

 

(di muat di Buletin Pemberdayaan Masyarakat Edisi 20 )

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 15 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023