BPMPD Serah Terima Hadiah Pembinaan
31 Maret 2013 Admin Website Berita 7858
BPMPD Serah Terima Hadiah Pembinaan

SAMARINDA - Kepala Desa Suka Damai, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, Nur Alim, dan Lurah Temindung Permai, Samarinda, Suwarso, terpilih sebagai Kades dan Lurah berprestasi tingkat Kaltim 2012. Keduanya menerima satu unit sepeda motor Supra X yang diserahkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim, H Moh Jauhar Efendi, di Kantor BPM-PD Kaltim, Samarinda, Kamis (10/1).

 

"Hadiahnya bisa langsung dibawa pulang, dan surat-suratnya diuruskan belakangan," ucap Jauhar seusai menyerahkan kunci kontak kepada Nur Alim dan Suwarso. Namun, ia yang ditemani Kabid Pemdes, Hj Riani Tisnadewi, Kabid Ketahanan dan Sosbud, H Musa Ibrahim, dan Kabid Teknologi Tepat Guna (TTG), HM Ramadhan, menghendaki jangan dilihat hadiahnya, tapi bagaimana semangat dan pengabdiannya untuk lebih giat memberdayakan masyarakat dalam mengisi pembangunan ini.

 

Nur Alim dan istrinya, Nining, mengaku senang dan gembira. "Alhamdulillah pak, kami dinilai berprestasi. Hadiah ini tentu membuat kami lebih giat melakukan pembinaan dan memberdayakan masyarakat di desa kami," ucap Kades Nur Alim yang memimpin lebih kurang 400 KK (sekitar 2.000 jiwa) warga yang bermukim di jalan poros Samarinda - Bontang - Sangatta itu.

 

Nur Alim dan Suwarso hanya bagian dari sejumlah Kades dan Lurah yang dinilai berprestasi di Kaltim. Juara II dan III Kades berprestasi adalah Hajar Wiyono (Kades Sanur, Sebatik Timur, Nunukan) dan Lina Hartati (Kades Tasuk, Gunung Tabur, Berau) yang mendapat hadiah satu unit laptop dan komputer plus printer. Juara harapannya Kades Seniung Jaya, Paser Belengkong, Paser, yang menerima piagam dan uang pembinaan.

 

Lurah berprestasi Kaltim lainnya, M Idris (Lurah Manggar Baru, Balikpapan) sebagai juara II dengan memboyong laptop plus printer, dan terbaik III, Jamli, Lurah Mamburungan, Tarakan, yang menerima komputer dan printer. Juara harapannya Arif Supradi, Lurah Lok Tuan, Bontang Utara, Bontang.

 

Pemilihan Kades dan Lurah berprestasi ini adalah bagian dari serangkaian lomba yang digelar Pemprov Kaltim melalui BPM-PD ini. Sejumlah kategori lainnya adalah lomba Desa/Kampung dan Kelurahan, dan penilaian Posyantek terbaik yang juaranya kabupaten Kutai Kartanegara dan panji keberhasilannya sudah diserahkan oleh Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak, bertepatan puncak peringatan HUT Provinsi Kaltim ke-56 di Samarinda, Rabu (9/1).

 

Menurut Jauhar, berbagai lomba ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun sekaligus ikut meramaikan HUT Provinsi Kaltim. Tim penilai lomba dari BPM-PD sendiri dan dari kalangan akademisi Universitas Mulawarman, Samarinda, sebagai upaya memotivasi masyarakat desa dan kelurahan untuk berperan lebih aktif lagi mengisi pembangunan Kaltim.

 

"Hadiahnya memang tidak seberapa, tapi hadiah-hadiah ini diharapkan bisa memberi manfaat ke masyarakat, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat di desa-desa. Contoh misalnya seperti laptop dan komputer akan bermanfaat dalam hal menggali, mencari dan menyampaikan berbagai data dan informasi terkait TTG melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti sekarang.

 

Menurut dia, khusus lomba Desa/Kampung dan Kelurahan pada 2013 akan ditingkatkan dan disatukan dengan pemilihan Kades dan Lurah berprestasi. Artinya, kalau Desa/Kampung dan Kelurahannya terpilih sebagai terbaik, maka Kades dan Lurahnya pun diharapkan sebagai terbaik. "Nah, konsep penyatuan lomba Desa/Kampung dan Kelurahan dengan pemilihan Kades dan Lurah berprestasi ini yang sedang kita susun, dan diharapkan bisa dituangkan dengan SK Gubernur sebagai acuan pelaksanaannya," ujar Jauhar.

 

Penyerahan hadiah berbagai lomba ini dirangkai dengan penyerahan batuan hibah Proyek Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) berupa GPS (Global Positioning System) dan Radio Komunikasi. Peralatan GPS diserahkan kepada 8 kabupaten di Kaltim, yakni Nunukan, Kubar, Kukar, Paser, Bulungan, Berau, Kutim dan Malinau. Sedang Radio Komunikasi diberikan kepada tiga kabupaten di daerah perbatasan, yakni Nunukan, Malinau dan Kubar. (dil/diskominfo)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023