BPS Temui Pengelola Data DPMPD Terkait Pembinaan Statistik Sektoral
22 Juli 2022 Arif Maulana Berita 647
BPS Temui Pengelola Data DPMPD Terkait Pembinaan Statistik Sektoral

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menjadi target kunjungan pembinaan statistik sektoral yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim. Ini merupakan kerjasama BPS Kaltim dengan Bappeda Kaltim, dan Diskominfo Kaltim. Selain DPMPD Kaltim BPS Kaltim melakukan pembinaan ke 18 OPD lingkup Kaltim sebagai basis data sektoral.

 

“Kita menjadi salah satu basis data sektoral program kerjasama BPS, Bappeda, dan Diskominfo untuk satu data Kaltim merujuk satu data Indonesia,”kata Sekretaris DPMPD Kaltim Eka Kurniati saat membuka pertemuan pembinaan statistik sektoral yang dilakukan BPS Kaltim, Jumat (22/7/2022).

 

Menurutnya, seiring telah disahkannya Pergub Kaltim No48 tahun 2021 tentang satu data bahwa untuk memperoleh data yang akurat mutakhir terpadu dapat dipertanggungjawabkan mudah diakses dan dibagi pakaikan diperlukan adanya tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah daerah.

 

Sejalan dengan itu, Bappeda, Diskominf, dan BPS sebagai bagian dari tim satu data Provinsi Kaltim akan melaksanakan pemetaan dan pendampingan pengelolaan metadata sektoral ke beberapa perangkat daerah yang menjadi agenda kerja tim satu data Provinsi Kaltim.

 

Pemetaan dan pendampingan pengelolaan metadata sektoral akan dilakukan secara berkelanjutan guna mengoptimalkan pengelolaan data statistik sektoral perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

 

Pelaksanaannya 18 OPD terkait pengelola data untuk mendampingi tim dimaksud melakukan pendampingan. OPD dimaksud diantaranya DPMPD Kaltim, Dinas Perhubungan Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim, dan Dinas Sosial Kaltim .

 

“Nantinya data yang dihasilkan menjadi rujukan merencanakan pembangunan daerah berbasis data sektora; masing-masing,”katanya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 362
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1194
Total Pengunjung 182897
Total Halaman Dikunjungi 1650379
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1650379
Bulan ini : 27646
Hari ini : 1194

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021