Bunda Nunung Dorong Bontang Tuntaskan Input Data Prodeskel
20 November 2019 Admin Website Berita 6347
Bunda Nunung Dorong Bontang Tuntaskan Input Data Prodeskel

BONTANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dilibatkan dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Kelurahan Berbasis Website Aplikasi Prodeskel yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bontang, di Auditorium Taman 3 Dimensi Kantor Walikota Lama, Rabu (30/11).

Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan (PDKP), Riani Tisnadewi atau akrab disapa bunda Nunung mewakili DPMPD Kaltim menjadi pembicara pada kegiatan tersebut. Dia didaulat sebagai pemateri pertama dengan tema “Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan”.

Materi disampaikan dengan konsep interaktif untuk mendengarkan keluhan dan permasalahan yang ada di Kota Bontang dalam hal pengisian aplikasi prodeskel.

Riani mengharapkan agar aplikasi ini menjadi kerja besar bersama antara pengambil kebijakan yang terlibat dalam keanggotaan Pokja Profil Kelurahan, Pokja Profil Kecamatan, dan juga Pokja Profil Kota agar penginputan aplikasi prodeskel di Kota Bontang ini dapat dituntaskan.

Kondisinya dari 15 Kelurahan se Kota Bontang, baru 8 kelurahan yang sudah menginput data profil kelurahan. Dia berharap setelah bimtek bisa selesai secara keseluruhan.

Bimbingan teknis ini dilanjutkan dengan praktek langsung pengisian dan pengupdatean aplikasi prodeskel yang disampaikan Kepala Seksi Pembangunan Informasi Desa dan Kelurahan DPMPD Kaltim, Isnawati.

Pengaplikasian langsung data mentah yang ada di kelurahan masing-masing dituangkan kedalam aplikasi, sehingga diharapkan dengan Bimbingan teknis ini seluruh Kelurahan yang ada di Kota Bontang seluruhnya melakukan penginputan ke Aplikasi Prodeskel dan data yang disajikan sudah up to date untuk ikut mewujudkan Bontang Jago “Juara, Aktif, Global dan Optimis”.

Senada dengan itu, Kepala Sub Bagian Pembinaan Administrasi Kecamatan dan Kelurahan Kota Bontang Arif Supriyadi. Dia menyebut untuk updating data di Kota Bontang ini sudah sebesar 53.33 persen.

“Sudah 8 kelurahan yang update dari 15 Kelurahan yang ada se Kota Bontang,” ucapnya.

Bimtek diawali sambutan Ketua Panitia Kepala Bagian Pemerintahan Kota Bontang Dr. Hj. Karlina, MT dan dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Pemerintah Kota Bontang Drs. M. Bahri, MAP.

Dalam sambutannya Bahri berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar kedepannya seluruh kelurahan memiliki basis data yang akurat dan bermanfaat untuk kemajuan Kota Bontang. “Sehingga anda tidak mengalami kesulitan apabila diminta data dan kami juga tidak sulit untuk meminta data perkembangan Data Prodeskel di Kota Bontang,” pesannya.

Peserta Bimbingan Teknis ini berasal dari 15 Kelurahan yang ada di Kota Bontang, masing-masing Kelurahan mengirimkan 3 orang perwakilan termasuk operator Prodeskel tiap Kelurahan dan juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang.

Pelatihan diharap mewujudkan sinergis antara pemegang data dalam hal ini (Disdukcapil) dan juga masing-masing Kelurahan agar Aplikasi Prodeskel Kota Bontang menjadi valid dan up to date.(DPMPD Kaltim/AMF/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023