Bupati Berau Meresmikan Pelatihan Penguatan Pelaku Posyantek Wilayah Utara
05 April 2013 Admin Website Berita 6818
Bupati Berau Meresmikan Pelatihan Penguatan Pelaku Posyantek Wilayah Utara
TANJUNG REDEB -   Kabupaten Berau kembali dipercaya menjadi tuan rumah dalam kegiatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Bertempat di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Senin (1/4) malam, secara resmi pelatihan penguatan kelembagaan pos pelayanan teknologi (Posyantek) yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim untuk kabupaten dan kota di wilayah Utara Kaltim dibuka.
 
Bupati Berau Makmur HAPK hadir dalam seremoni yang   diikuti perwakilan dari Tarakan, Nunukan, Bulungan, Malinau, Tana Tidung dan Berau sebagai tuan rumah.Sementara narasumber pelatihan dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Dalam Negeri RI.
 
Kepala BPMPD Kaltim Jauhar Efendy mengungkapkan,   pelatihan Posyantek merupakan tindaklanjut dari peraturan menteri dalam negeri nomor 20/2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna (TTG).
 
Pelatihan diarahkan kepada pengurus, pengarah dan pembina Posyantek kabupaten dan kota yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menambah wawasan dan pembentukan sikap dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan TTG.
 
Pelatihan yang diikuti 40 peserta itu diharapkan menyiapkan fasilitator pengelola TTG yang andal mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten. Fasilitator tersebut memiliki tugas dan peran sebagai pelopor, penggerak, pembimbing, perencana, perantara, pelaksana dan pembaharu, juga bertugas memperbaiki atau memperbaharui kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG ke arah yang lebih baik atau lebih unggul. “Kami berharap melalui pelatihan ini dapat segera mendapat respon positif dari jenjang dinas atau instansi yang terkait di setiap kabupaten dan kota,” jelasnya.
 
Sementara Bupati Makmur yang membuka pelatihan, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Berau untuk menjadi tuan rumah dalam pelatihan tersebut. Ia berharap pelatihan penguatan kelembagaan Posyantek memberi manfaat banyak, terlebih untuk Kabupaten Berau yang memiliki kurang lebih 100 kampung.
 
Kegiatan yang diikuti perwakilan BPMD se Kaltim wilayah utara ini, diharapkan Makmur,   juga menjadi momen untuk saling bertukar informasi dan pengalaman sesama pegawai negeri sipil (PNS) dalam bidang yang sama, karena   permasalahan yang muncul di setiap daerah berbeda. “Manfaatkan momen ini juga sebagai ajang bertukar informasi dan pengalaman kerja tiap-tiap daerah,” tandasnya. (hms4/adm)

Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 21 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023