Bupati Muharram Buka Rakor PEPIDA se Kaltim
26 Maret 2019 Admin Website Berita 6983
Bupati Muharram Buka Rakor PEPIDA se Kaltim

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram atas nama Gubernur Kaltim membuka Rapar Koordinasi PEPIDA se Kaltim 2019. Rakor dilaksanakan selama satu hari penuh, di Balai Mufakat Komplek Rumah Jabatan Bupati Berau, Senin (25/3).

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu PEPIDA ? PEPIDA adalah kependekan dari Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi Daerah,” sebut Bupati Muharram saat membuka rakor.

Bupati Muharram berharap ke depan sektor pariwisata di Kaltim benar-benar bisa menjadi andalan pendapatan daerah.

Menurutnya daerah yang mengandalkan pendapatan dari Sumber Daya Alam (SDA) selalu mengalami guncangan ketika harga komoditas SDA di pasar internasional mengalami penurunan. Guncangan tersebut antara lain menurunnya Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat.

Hal ini mengakibatkan target pertumbuhan ekonomi tidak tercapai. Daya beli masyarakat juga mengalami penurunan, sebagai akibat belanja daerah yang menurun.

Rakor berlangsung lancar dengan mengusung tema "Melalui Tim PEPIDA Provinsi Kaltim, Kita Tingkatkan Sektor Kepariwisataan di Provinsi Kaltim menuju Kaltim yang Berdaulat”.

Untuk mendukung tema tersebut ada beberapa narasumber yang dihadirkan, antara lain Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulawesi Selatan. Topik yg disampaikan tentang "Optimalisasi Sektor Pariwisata di Sulsel".

Narasumber ini sangat pas dengan kondisi Kaltim yang hampir sama dengan kondisi Sulsel. Keunggulan Sulsel selama 5 tahun terakhir rata-rata pertumbuhan ekonominya di atas 7 persen atau di atas angka rata-rata nasional.

Sementara pertumbuhan ekonomi di Kaltim pada saat yang sama jauh di bawah rata-rata nasional. Bahkan pernah mengalami kontraksi yang luar biasa. Pertumbuhannya minus, yaitu pada tahun 2015 dan 2016.

Narasumber yang lain dari Dinas Pariwisata dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Provinsi Kaltim. Usai paparan semua narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab. Usai ishoma (istirahat, sholat makan) dilanjutkan dengan Pembahasan 2 pokja, yaitu Pokja Peningkatan Ekspor dan Pokja Peningkatan Investasi.

“Selamat kepada para paserta rakor yang melanjutkan kegiatan tersebut dengan studi ke Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan tersebut,” katanya.

Rakor sendiri diikuti peserta dari OPD Provinsi, termasuk DPMPD Provinsi, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kaltim beserta jajarannya bertindak  sebagai Panitia Penyelenggara.

Dari Kabupaten/Kota, peserta terdiri atas Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, dan para Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten/Kota dan beberapa OPD terkait dari Kabupaten/Kota.

Sebelumnya juga diadakan acara Welcome Party. Kegiatan Welcome Party selain dihadiri Bupati Berau, juga dihadiri Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.(DPMPD Kaltim/MJE)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 33 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023