Dampingi Kunker KT dan KT 2, Iyad Paparkan Mimpi BUMK Surya Jaya Abadi
25 Juni 2021 Arif Maulana Berita 6648
Dampingi Kunker KT dan KT 2, Iyad Paparkan Mimpi BUMK Surya Jaya Abadi

BERAU -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menjadi salah satu kepala perangkat daerah yang ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi ke wilayah utara Kaltim, Jumat (25/6). 

 

Dihadapan KT 1 dan KT 2 (sebutan lain Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim,  M Syirajudin memaparkan mimpi BUMK Surya Jaya Abadi, Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau yang menjadi salah satu lokasi kunjungan.

 

BUMK yang bergerak di bidang unit usaha peternakan ayam petelur dan pembuatar pakan ayam tersebut berkeinginan BUMK menjadi sektor program pemberdayaan masyarakat dengan empat kegiatan utama.

 

Petani sebagai suplier, warga mitra BUMK, tempat belajar, dan penggerak ekonomi kampung.

 

"Nantinya petani menjadi penyuplai kebutuhan pakan ayam, yakni 500 kg dedak perbulan untuk 1.000 ekor dan 1.500 kg jagung perbulan untuk 1.000 ekor, " sebut M Syirajudin.

 

Sedangkan maksud warga sebagai mitra BUMK, diharapkan kedepan warga memiliki produksi telur skala rumah tangga untuk dijual kepada BUMK guna memenuhi kebutuhan pasar.

 

Mengingat BUMK memiliki target produksi telur 100 piring perhari dari per 1.000 ekor ayam petelur yang dikembangkan. Ini untuk didistribusikan ke wilayah setempat atau lokal, dan pemenuhan pasar regional untuk melayani grosir, ewarung,  dan distributor.

 

BUMK sebagai tempat belajar maksudnya dapat mengedukasi warga dan membangun kemitraan dengan warga di bidang peternakan,  tempat studi banding, dan menjadi tempat wisata edukasi bidang peternakan, serta menjadi narasumber terkait kiat pengembangan usahanya.

 

Terpenting BUMK diharapkan mampu menciptakan rantai perekonomian kampung, yakni menjadi pemasaran hasil panen petani,  menjamin ketersediaan pakan peternakan, menyerap warga sebagai tenaga kerja, dan  menjamin  ketersediaan stok dan bahan baku usaha bagi produsen.

 

"Pasar telur ayam untuk melayani masyarakat labanan makarti dan masyarakat sekitar dan bahkan juga sampai ke Provinsi Kaltara, " katanya.

 

Dalam pemberdayaan masyarakat bumk surya jaya abadi  terdapat 11 karyawan yang dipekerjakan.

 

Pada tahun 2020 hasil usaha bumk telah dikontribusikan kepada pendapatan asli kampung (pak) 30 persen (mengacu pada perbub 61/2019) dari laba usaha yaitu sebesar Rp. 24.900.000.

 

"Ada 25 BUMK pada tahun 2020 yang menghasilkan pendapatan asli kampung (pak) dan salah satunya yaitu BUMK Surya
Jaya Abadi ini, " tandanya.

 

Gubernur Isran Noor dalam sambutannya mengaku bangga dengan keberhasilan BUMK Surya Jaya Abadi yang sudah bisa menghasilkan pendapatan kampung..
"Syukuri apa yang sudah dicapai dan jangan mengeluh, tingkatkan terus kinerja
BUMK, " serunya.

Pada kesempatan itu Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi didampingi Wakil Bupati Berau Gamalis, Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin serta kepala OPD terkait menyempatkan panen telur langsung dari kandang ayam petelur yang dikembangkan BUMK Surya Jaya Abadi.(DPMPD Kaltim/mury/budi/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023