Data Terpilah Dibutuhkan Laksanakan PUG
08 Agustus 2019 Admin Website Berita 1630
Data Terpilah Dibutuhkan Laksanakan PUG

SAMARINDA -- Pengumpulan dan pengolahan Data Terpilah menurut jenis kelamin disebut merupakan  syarat yang diperlukan untuk berbagi keperluan, utamanya untuk melaksanakan Pengarusutamaan Gender (PUG).dalam seluruh proses pembagunan. Ini sesuai dengan Inpres No9/2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan Nasional.

“Akan tetapi syarat ketersediaan dan analis data terpilah ini keberadaan dan kegunaanya belum melembaga. Salah satu sebabnya data dan informasi tentang data terpilah menurut jenis kelamin pada umumnya berlum tersedia di setiap Perangkat Daerah. Sekalipun ada, belum dilakukan analisis secara detail,” ujar Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Halda Arsyad.

Halda saat membuka Kegiatan Pengumpulan Pengolahan, Analisis Data Gender dan Anak, di Aula Badan Kesbangpol Kaltim, Kamis (8/8) menyebut dalam pelaksanaan strategi PUG diberbagai bidang pembangunan membutuhkan pengembangan data dan informasi baik secara nasional dan daerah.

Dalam kontek global, pengumpulan dan pengolahan data terpilah merupakan salah satu hasil kesepakatan kompreksi perubahan sedunia keempat, di Beijing yang mendesak layanan statistik ditingkat Nasional dan regional. Terpilah menurut jenis kelamin dan usia, serta menghasilkan strategi gender yang diperlukan.      

“Mengapa diperlukan data terpilah menurut jenis kelamin dan usia adalah gambaran umum tentang keadaan perempuan dan laki-laki disemua kelompok umur dan diberbagai aspek kehidupan,” katanya.

Hanya saja patut difahami, data terpilah menurut jenis kelamin tidak selalu mengandung isu gender, akan tetapi menyatakan unsur dasar yang harus ada unsur mengungkapkan isu geder, yaitu isu yang muncul karena pemberlakuan atas dasar jenis kelamin.

Lebih lanjut, isu gender perorang diperhitungkan dalam berbagai proses pembagunan, sebagai alat bantunya kebijakan, program, kegiatan pembagunan. Tidak berprinsip terhadap kebutuhan, kesulitan sebagai perempuan atau laki-laki (kebijakan/program yang buta gender) hasil ketidaksetaraan gender perempuan dan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan dan kehidupan

“Mengacu pada strategi percepatan pengarusutamaan gender melalui perencanaan dan penganggaran yang responif gender (PPRG) maka satu persyaratan pelaksanaan adalah data terpilah menurut jenis kelamin dan analisis gender,” katanya.

Perencanaan dan penganggaran responsif gender merupakan instrumental untuk mengatasi adalanya kesenjangan akses, partisipasi culture dan manfaat pengumpulan bagi laki-laki dan perempuan yang bertujuan untuk mewujudkan perencanaan dan penganggaran yang lebih berkeadilan.

Dengan dilaksanakannya Analisi Data Gender dan Anak diliputi dapat meningkatkan pemahaman dan minat para pengelola dan pemakai data sehingga dapat tersedia data gender, data anak dan lansia.

Oleh sebab itu, manfatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk berdialog dan berdiskusi, sehingga diharapkan dapat tersedia data yang akurat dan akuntair pada perangkat barang provisnsi Kalimantan Timur.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, saya sangat mengapresiasi dan dan menyambut baik atas partisipasi kehadiran sekalian pada kegiatan ini, karana penyelenggaraan pengumpulan, pengolahan analisi data gender dan anak akan berhasil baik apabila terdapat dukungan dan partisipasi semua pihak,” katanya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 365
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1292
Total Pengunjung 157802
Total Halaman Dikunjungi 1405163
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405163
Bulan ini : 1292
Hari ini : 1292

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021