DDPI Diminta Gelar Seminar Serupa Tingkatkan Pemahaman Kepala Desa dan Kepala Adat
15 Mei 2019 Admin Website Berita 6509
DDPI Diminta Gelar Seminar Serupa Tingkatkan Pemahaman Kepala Desa dan Kepala Adat

SAMARINDA – Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim diminta kembali menggelar seminar serupa dalam rangka meningkatkan pemahaman kepala desa dan kepala adat terkait pelaksanaan program pengurangan emisi karbon gas rumah kaca Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) Carbon Fund 2020 – 2024.

“Ini penting untuk mendukung pelaksanaan program kedepannya. Sebab kepala desa dan kepala adatlah nantinya menjadi ujung tombak pelaksanaannya. Makanya pemahamannya harus ditingkatkan,” kata Plt Sekprov Kaltim, Meilina saat membuka peluncuran Rencana Pelaksanaan Program Penurunan Emisi kerangka FCPF Carbon Fund, di Ruang Ruhuy Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (16/5).

Sebegai contoh Kepala Desa Dari Jonggon, Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika kegiatan seperti ini kembali digelar tentu mereka akan senang bisa datang lagi ke Kantor Gubernur Kaltim.

”Syukur-syukur bisa ketemu Pak Gubernur. Sayang beliau (Gubernur Kaltim, Isran Noor lagi tidak ada di tempat. Kalau ada pasti saya bawa kepala desa dan kepala adat yang hadir menemui beliau. Beliau sangat senang menerima aspirasi langsung,” timpalnya.

Secara prinsip, Pemprov Kaltim sangat mendukung kegiatan tersebut. Sekarang tinggal menunggu dokumen terkait bagaimana mekanisme pelaksanaannya. “ Kaltim sebenarnya beruntung telah dipilih sebagai pilot project program untuk menjaga lingkungan kedepan lebih baik tersebut,” timpalnya.

Terlebih Provinsi Kaltim saat sekarang sedang menghadapi tantangan menurunnya kualitas lingkungan hidup akibat ekstraksi SDA.

Lebih lanjut, FCPF adalah program untuk mengurangi emisi,  kehilangan, dan kerusakan hutan atau dikenal dengan atau Reducing Emission from Deforestation and forest Degradation (REDD +) melalui skema pembayaran berbasis kinerja sebagai bentuk konkrit dari pelaksanaan program ini.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023