Desa Diajak Susun Perencanaan Pembangunan Peduli Gambut
08 Desember 2021 Arif Maulana Berita 7032
Desa Diajak Susun Perencanaan Pembangunan Peduli Gambut

SAMARINDA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin mengajak desa untuk menyusun perencanaan pembangunan peduli gambut mendukung kerja sama Pemerintah Federal Jerman dengan Pemerintah Indonesia untuk tatakelola lahan gambut yang lebih berkelanjutan di Kalimantan Timur.

 

“Kawan kepala desa diharap sesuaikan. Perencanaan pembangunan harus interatif dan adaptatif. Singkronkan dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) dalam Proyek Pengelolaan dan Rehabilitasi Gambut – Lahan Basah yang berada di kawasan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara,” kata M Syirajudin saat membuka dan menjadi nara sumber sosialisasi desa mandiri peduli gambut dan rencana pembangunan desa, di Hotel Midtown Samarinda, Rabu (8/12).

 

Karenanya dia berpesan agar kepala desa dan tenaga pendamping memanfaatkan lokakarya untuk meningkatkan pemahaman pembangunan peduli gambut. Dengan begitu diharap memiliki kepedulian terhadap pengelolaan gambut yang lebih berkelanjutan didalam dokumen perencanaan desanya.

 

Menurutnya sesuai Permendesa No16/2018 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2019 mengatur peluang desa untuk melaksanaan kegiatan pengurangan emisi melalui mitigasi dan adaptasi menggunakan Dana Desa.

 

Kegiatan yang dilakukan berupa mitigasi perubahan iklim melalui program REDD +, adaptasi perubahan iklim, dan gabungan aksi mitigasi – adaptasi pengendalian perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana terkait perubahan iklim.

 

Sementara Principal Advisor GIZ PROPEAT Tunggul Butarbutar berharap gambut memberi kontribusi besar dalam penurunan emisi baik karena serapannya, maupun manfaatnya dalam serap emisi dari gambut.

 

“Perlu duduk bersama bicara desa mandiri peduli gambut itu apa. Mandiri sisi ekonomi, sosial, dan kepedulian ekologi. Lokakarya ini ingin mencoba mendalami dan memahami. Kemudian membangun gerakan bersama kedepan,”katanya.

 

GIZ PROPEAT akan dilaksanakan hingga dua atau tiga tahun kedepan untuk memfasiliti proses tata kelola lebih baik di desa. Diharap membantu Indonesia dalam pengurangan emisi dan pemanaasan global secara dunia. “Semoga kegiatan menjadi ibadah kita bersama dalam pengurangan emisi dan pemansan global,”sambungnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023