Dewan Pengurus APPSI Gelar Rapat Perdana
28 Januari 2020 Admin Website Berita 6474
Dewan Pengurus APPSI Gelar Rapat Perdana

JAKARTA -- Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh indonesia (APPSI) menggelar rapat perdana setelah berganti kepengurusan. APPS saat ini diketuai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Ketua Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Sekretariat APPSI, Gedung Nyi Ageng Serang, Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (27/1).

Selain Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Kaltim ada 8 orang Gubernur yang masuk Pengurus APPSI. Mereka adalah Gubernur Riau, Gubernur Jawa Timur, Gubernur  Sulawesi Tenggara, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Sulawesi Barat, dan Gubernur Papua Barat.

Nampak hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Koordinator Wilayah Jawa, Bali dan NTB),  Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (Koordinator Wilayah Sumatera), Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (Ketua III Bidang Provinsi Daerah Kepulauan)-. Hadir pula Ketua Dewan Pakar APPSI, Prof. Ryaas Rasyid, MA., Ph.D., beserta anggota Dewan Pakar, Prof. Muchlis Hamdi, MPA., Ph.D., dan Dr. Aviliani.

"Selamat Pak Anis Baswedan, Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Pak Isran Noor, Gubernur Kaltim, Calon DKI  yang akan datang. Masing-masing sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI)," kata Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi yang juga menghadiri acara tersebut.

Menurutnya, sebagian gubernur hadir secara langsung. Tetapi ada juga yang diwakilkan ke Sekretaris Daerah atau Asisten Sekda yang membidangi Pemerintahan.

Ada 12 agenda yang dibahas untuk disepakati para pengurus. Termasuk topik bahasan, tempat dan tanggal pelaksanaan. Di sela-sela bahasan, para Gubernur menyampaikan beberapa isu kontemporer yang harus diselesaikan.

Setelah didiskusikan dengan intens, berkembang menjadi 13 agenda dalam kurun waktu bulan Januari hingga bulan Desember Tahun 2020 ini.

"Agenda beberapa hari ke depan yang harus dilakukan adalah pengukuhan Dewan Pengurus APPSI Masa Bakti 2019-2023 oleh Presiden Republik Indonesia. Tempatnya menyesuaikan. Ketua berharap agar seluruh pengurus sudah bisa menyesuaikan dan mempersiapkan diri, karena bisa saja agenda pengukuhan datangnya mendadak," urainya.

Hal lain yang disepakati adalah penambahan 2 (dua) orang anggota Dewan Pakar, yang ahli di bidang hubungan luar negeri, sekaligus ahli di bidang ekonomi. Sedangkan satu orang lagi harus ahli di bidang hukum. Dewan Eksekutif juga diminta segera ditetapkan dan bekerja penuh untuk APPSI.

"Menurut hemat saya yang kebetulan bersama Plt. Kepala Bappeda ikut mendampingi Pak Gubernur dalam rapat tersebut, semua program kerja yg telah disepakati cukup menarik," akunya.

Misalnya, tentang rencana Seminar Pemantapan konsep Provinsi Daerah Kepulauan. Focus Group Discussion tentang tema-tema strategis kewilayahan. Ini nanti akan dilaksanakan di 5 wilayah, yaitu Wilayah Sumatera, Jawa-Bali-NTB, Kalimantan, Sulawesi, NTT-Maluku-Maluku Utara-Papua-Papua Barat.(DPMPD Kaltim/MJE/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023