Di Era Pasar Digital, BUMDes Juga Bisa Tembus Pasar Global
07 Oktober 2021 Arif Maulana Berita 6965
Di Era Pasar Digital, BUMDes Juga Bisa Tembus Pasar Global

Oleh : Muriyanto, S. STP

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus memacu langkah untuk memainkan peran sebagai ekosistem usaha ekonomi di desa menuju pasar tanpa sekat dan ruang dengan memanfaatkan era pasar digital.

 

Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicetuskan Presiden Joko Widodo pada Mei 2020 silam, pelatihan digitalisasi pelaku ekonomi terus digeber yang digawangi PT. Pertamina.

 

Pelatihan dimaksudkan agar pelaku ekonomi terutama UKM mampu memasarkan produknya melalui platform digital secara online.

 

BUMDes di Kaltim seolah tidak mau tertinggal dengan adanya kesempatan emas ini. BUMDes Sangatta Utara Kab. Kutai Timur, BUMDes Empun Takase Kabupaten Paser dan BUMDes Battiwakal Kabupaten Berau turut ambil bagian. Keikutsertaan tersebut sebagai bukti bahwa BUMDes bisa masuk dalam kancah pasar digital.

 

Gernas BBI kembali akan diselenggarakan pada 2021. Provinsi Kaltim dipercaya menjadi tuan rumah menggantikan Papua yang saat bersamaan menjadi tuan rumah PON XX.

 

Gernas BBI Kaltim 2021 akan dibuka secara resmi Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan di Gedung Plenary Hall Convention Hall Samarinda, 12 Oktober 2021. Paling menarik dalam launching nanti akan ada pameran secara online dengan memanfaatkan aplikasi SmexPo milik pertamina.

 

Pemesanan secara dalam jaringan dengan pembayaran secara non tunai melalui Qris. Tentu bumdes sudah memiliki Qris yang difasilitasi Bank Indonesia.

 

Kebanggaan terhadap BUMDes bukan hanya karena ada perwakilan 4 BUMDes yang bermitra dengan pihak pengusaha ekspor sebagai penyuplai komoditas lidi sawit, lidi nipah dan arang kayu.

 

Pangsa pasarnya Eropa untuk arang kayu dan India untuk komoditas lidinya. Perjalanan dari awal kemitraan dengan pihak ketiga hingga ekspor akan ditampilkan dalam video tayangan yang berdurasi 5 menit sebagai penanda peluncuran penjualan keluar negeri.

 

Setitik pembuktian bahwa BUMDes ikut menyukseskan Visi dan Visi Kalimantan Timur 2019 – 2023 menuju kedaulatan ekonomi. Ekonomi Kaltim Berdaulat.

 

BUMDes Kaltim BiSa#


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 18 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023