Dibahas, Naskah PKS DPMD Jawa Timur - DPMPD Kaltim
19 Juli 2022 Arif Maulana Berita 5698
Dibahas, Naskah PKS DPMD Jawa Timur - DPMPD Kaltim

SAMARINDA - Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Pembahasan Naskah Kerjasama (KSB) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur secara virtual, Selasa (19/7/2022).

 

Rapat untuk membahas naskah kerjasama yang akan ditandatangani kedua provinsi berikut Organisasi Perangkat Daerah terkait bersamaan Kegiatan Misi Dagang Provinsi Jawa Timur, 28 Juli 2020, di Kota Samarinda.

 

Dari DPMPD Kaltim, rapat diikuti Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesesaan Esthi Susila Rini dan Bidang Pembangunan Desa Isnawati.

 

Selain DPMPD juga dihadiri dari BAPPEDA, BPSDM, BKD Disperindakop dan UMKM, DPMPTSP, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Biro Hukum, Biro Pemerintahan, dan Biro Organisasi.

 

Adapun ruang lingkup kerjasama antara DPMD Jawa Timur dan DPMPD Kaltim terkait peningkatan dan pengembangan SDM melalui produk unggulan desa atau prokades dan produk ongkulus unggulan kawasan perdesaan atau prukades.

 

Peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM dan aparatur desa, peningkatan dan pengembangan sarana prasarana sesuai potensi desa, revitalisasi pembangunan kawasan perdesaan, pengembangan ilmu pengetahuan melalui pertukaran inovasi teknologi tepat guna dan pengembangan posyantek untuk masyarakat desa.

 

Kemudian digitalisasi pembangunan desa pembangunan BUMDES dan BUMDES bersama terutama menyangkut kelembagaan, aset, dan tata kelola administrasi keuangan, strategi percepatan transformasi pengelolaan dana bergulir masyarakat eks PNPM- Mandiri Perdesesaan menjadi BUMDES Bersama LKD, peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga desa, serta memaksimalkan pemanfaatan profil desa terutama menyangkut batas desa dan percepatan peningkatan status desa berkembang dan tertinggal.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 41 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023