Diisyaratkan, KP-SPAM Juara Ditambah Indikator Penilaian Penanganan Stunting

icon - In Berita By Arif Maulana    icon 4517

Diisyaratkan, KP-SPAM Juara Ditambah Indikator Penilaian Penanganan Stunting

BALIKPAPAN – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bakal melanjutkan pemberian reward KP-SPAM Juara 2024  bagi Kelompok Pengelola Sistem Penyedia Air Minum (KP-SPAM) berkinerja baik di Provinsi Kaltim.

 

“Dari Evaluasi Kegiatan KP-SPAMS Juara Tahun 2023 terdapat beberapa penambahan pada item indikator dan juga penekanan pada indikator tertentu yang terkait dalam penanganan stunting (Pembuatan Jamban sesuai standar),” ujar Kepala DPMPD Kalim melalui Plh Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna Eka Kurniati saat memimpin Rapat Evaluasi 2023 dan Persiapan Kegiatan 2024, di Hotel Astara Balikpapan, Rabu (31/1/2024).

Penambahan indikator penilaian dimaksudkan sebagai bagian dukungan pencapaian program nasional dalam percepatan penanggulangan stunting. Pokja dan Tim Penilai merasa perlu menambahkan indikator tersebut karena juga punya tanggung jawab mengintervensi terhadap penanganan stunting.

 

Sedangkan terkait kegiatan 2024 dinilai perlu sinkronisi dengan bidang lain pada DPMPD maupun OPD lain yang merupakan Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) yang terdiri dari Biro Adbang Setda Provinsi Kaltim, DPUPR PERA Provinsi Kaltim, Biro Perekonomian Setda Provinsi Kaltim, dan Tim Penilai dan Pelaksana KP-SPAMS Juara 2023.(DPMPD Kaltim/arf)